Warna Bulu Anjing Kamu Berubah? Yuk Simak Penyebabnya

Pernahkah PetLovers melihat perubahan pada bulu anjing kesayangan? Perubahan ini, kadang membuat PetLovers bertanya, “Apakah ini karena makanan anjing yang kurang tepat?” atau karena penyebab lainnya?

Sama seperti manusia, bulu atau rambut anjing pun bisa mengalami perubahan. Hanya saja, jika perubahan warna rambut pada manusia identik dengan penuaan, maka banyak faktor yang menyebabkan bulu anjing berubah.

Apa saja? PetLovers bisa menyimaknya di artikel berikut.

 

Dalam Kondisi Stres

Salah seorang peneliti, Camille King dalam jurnal Applied Animal Behaviour Science menjelaskan:

Kecemasan berlebihan bisa menumbuhkan uban pada moncong anjing kesayangan.

Lalu apa yang membuat anjing cemas? Salah satunya adalah saat dia merasa tertekan (mungkin karena tidak nyaman dengan lingkungan sekitarnya) atau tidak bahagia karena kurangnya waktu bermain (cek tips di sini untuk membuat anjingmu bahagia). Jadi, selain cara grooming anjing yang bagus, PetLovers harus membuat anjing bisa menikmati setiap momen dalam hidupnya agar tidak mengalami perubahan warna pada bulunya.

 

Faktor Usia

Berapa usia anjing PetLovers saat ini? Sudah masuk usia senior kah? Para dokter ahli dan gizi anjing berpendapat, mayoritas anjing masuk masa tua sejak usia 7 tahun. Di fase ini, anjing akan mengalami perubahan, terutama di bagian moncong di mana akan muncul beberapa bulu berwarna putih.

Apakah ini kondisi yang wajar? Tentu saja, asal tidak ada luka, ruam, atau kondisi yang tidak normal pada bagian kulitnya (cek pertolongan pertama pada anjing jika mengalami luka di bagian badannya di sini).

Hanya saja, perawatan anjing usia ini harus lebih diperhatikan. PetLovers harus memberikan dog food terbaik serta melakukan grooming anjing yang bagus. Kini, untuk menjaga metabolisme anjing senior serta meremajakan fungsi otak, PetLovers bisa memberikan PRO PLAN Bright Mind yang merupakan produk terbaru dari PRO PLAN.

 

Masalah Hormon

Selain dua faktor di atas, perubahan bulu anjing juga dikarenakan masalah hormon. Dalam bahasa medis ada istilah Hypothyroidism, kondisi di mana hormond thyroid pada anjing terlalu rendah. Sehingga menyebabkan perubahan warna bulu.

Tidak hanya itu saja lho, PetLovers. Kondisi ini juga menyebabkan kerontokan pada bulu anjing kesayangan. Tidak mau kan anjing PetLovers mengalami masalah ini?

 

Tips Menjaga Bulu Anjing Sehat & Berkilau

Faktor usia memang tidak bisa dihindari. Pasti ada saatnya anjing kesayangan PetLovers mengalami perubahan warna bulu jika memang sudah masuk masa tua. Akan tetapi, bukan berarti PetLovers cuma bisa diam saja ketika anjing mengalami perubahan pada warna bulunya.

Lalu bagaimana agar bulu anjing tidak kusam, tidak mudah rontok, dan tetap berkilau?

  1. Hindari stres.
  2. Buat jadwal bermain dan lakukan dengan rutin (cek di sini untuk tips bermain dengan anjing).
  3. Perhatikan lingkungan sekitar, jauhkan anjing kesayangan dari benda atau hewan lain yang membuatnya tidak nyaman.
  4. Perhatikan makanannya.

Khusus untuk poin keempat, pastikan makanan anjing kamu mampu mendukung kesehatan kulit & bulunya. Jadi tidak hanya membuatnya tumbuh sehat, tapi juga mampu menyehatkan kulit & bulunya agar anjing kesayangan terlihat lebih menarik. Lalu apa makanan yang bagus untuk bulu anjing? 

 

PetLovers bisa memberikan PRO PLAN Sensitive Skin & Coat. Produk terbaru dari PRO PLAN ini mampu menjaga pigmentasi kulit & bulu. Dengan bahan salmon asli dengan kandungan protein tinggi, PRO PLAN Sensitive Skin & Coat mampu membuat kulit sehat dan bulu lebih berkilau. Kunjungi Pet Shop terdekat untuk mendapatkan produk ini. Selain itu, PetLovers juga bisa belanja secara online di Purina Store di Blibli.com atau Purina Official Shop di Shopee dan online shop lainnya.