Vaksin Yang Diperlukan Anjing dan Kucing

Vaksin Yang Diperlukan Anjing dan Kucing

Pernahkah Pet Owners mengajak Anjing atau Kucing kesayangan untuk di-vaksin? Sebenarnya apakah vaksin itu? Kenapa vaksin itu penting? Vaksin seperti apa yang diperlukan?

Vaksin adalah virus atau bakteri yang telah dilemahkan atau dimatikan. Vaksin diberikan pada Anjing dan Kucing dengan tujuan membentuk antibodi sehingga mereka kebal terhadap penyakit, terutama yang mematikan.

Setiap Anjing dan Kucing memiliki kebutuhan yang berbeda, karena itu sebelum divaksin, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan fisik, umur, memeriksa medical history dan memeriksa feses hewan.  Dari pengecekan ini, dokter hewan akan memutuskan apakah hewan berada dalam kondisi sehat untuk divaksin.

Vaksin apa yang harus diberikan ke anjing dan kucingmu?

Berdasarkan kepentingannya, vaksin diklasifikasikan menjadi 2, yaitu:

  • Vaksin Penting.

Vaksin ini diberikan untuk mencegah penyakit berbahaya yang dapat menular ke manusia. Vaksin penting untuk Anjing adalah : Canine Parvovirus, Canine Hepatitis, Distemper, dan rabies.  Dan untuk Kucing adalah FHVI1, FCV, FPV, dan rabies.

Vaksin penting sebaiknya diberikan sejak usia sedini mungkin karena puppy dan kitten rentan terinfeksi virus berbahaya. FCV dan FPV dapat diberikan pada kitten dari umur 6 minggu. FCP dan FPV wajib diberikan setiap 3-4 minggu sekali hingga kitten berumur 4 bulan. Vaksin Parvovirus dapat diberikan ketika puppy berumur 5-6 minggu dan rabies pada umur minimal 12 minggu.

  • Vaksin Tambahan.

Vaksin tambahan diperlukan untuk Anjing dan Kucing pada situasi tertentu. Contoh vaksin tambahan adalah Kucing yang sering diluar rumah memerlukan tambahan vaksin FeLV dan Anjing memerlukan tambahan vaksin leptospirosis.

Anjing dan Kucing Yang Beraktivitas Outdoor Memerlukan Vaksin Khusus

Apa yang tidak boleh dilakukan setelah divaksin?

  • Anjing dan Kucing tidak boleh dimandikan selama seminggu atau berada di tempat yang terlalu dingin.
  • Hindari kontak fisik dengan hewan lain yang bisa membawa penyakit.
  • Dalam beberapa kasus, vaksin bisa memberikan efek samping, seperti bengkak pada bagian yang disuntik, demam, dan alergi hingga muntah. Jika sampai terjadi, segera bawa ke dokter hewan.

 Vaksin sangat penting untuk menjaga kesehatan Anjing dan Kucing kesayanganmu, karena itu pet owners harus melakukan vaksin pada hewan kesayangan serta rutin melakukan vaksin ulang setiap tahun.

Sumber:
http://bit.ly/1N1sjoE
http://bit.ly/1KG2ffN
http://bit.ly/1FpRJIt
http://bit.ly/1QGsPKp