Tips Merawat Gigi Anjing

Tips Merawat Gigi Anjing

Kesehatan gigi pada anjing merupakan hal yang sangat penting. Gigi dan gusi anjing sangat rentan terhadap penyakit seperti pada Anda sendiri.

Gusi dan gigi yang sehat adalah langkah pertama untuk memastikan anjing Anda mendapatkan hasil maksimal dari makanan yang anjing Anda konsumsi. Masalah gigi adalah kondisi kesehatan yang paling sering dialami pada semua anjing di atas usia tiga tahun. Gigi dan gusi yang sakit dapat menyakitkan, mengganggu metabolisme tubuh, dan dapat menyebabkan kerusakan ginjal, jantung dan organ tubuh lainnya.

Plak – ketika bakteri yang hidup pada sisa-sisa makanan di dalam mulut bersamaan dengan air liur, membuat plak mulai menumpuk. Biasanya plak akan terjadi pada bagian luar gigi terutama gigi premolar atas dan geraham.

Tartar/Kalkulus – Jika plak tidak dihilangkan, maka dalam waktu tiga sampai lima hari akan mengeras dan membentuk tartar atau kalkulus. Tartar dapat menyebabkan iritasi gusi dan bau mulut.

Periksalah mulut anjing Anda secara teratur untuk mengecek tanda-tanda penyakit mulut. Indikator yang paling jelas adalah munculnya bau mulut, pendarahan dan gusi bengkak, Ketika peradangan gusi semakin parah, anjing dapat menjatuhkan makanan dari mulut mereka dan tidak dapat makan dengan nyaman.

Perawatan gigi harus dimulai sejak dini, bahkan sebelum gigi susu anak anjing copot, atau sekitar usia empat sampai enam bulan. Biasakan untuk memeriksakan kondisi gigi dan menyikatnya secara perlahan dan sistematis.

Pilihlah waktu ketika anjing Anda tenang dan mulai dengan mengangkat bibir di kedua sisi mulutnya. Konsentrasikan pada bagian luar gigi di mana plak kemungkinan besar akan terjadi.

Pujilah anjing Anda dan berikan hadiah berupa camilan pada akhir sesi.