Tips Bermain Dengan Anjing

Tips Bermain Dengan Anjing

Bagi anjing, melakukan aktivitas bermain dan exercise telah menjadi sesuatu keharusan yang dilakukan setiap hari. Aktivitas bermain dengan anjing menjadi salah satu faktor pendukung untuk menjaga kesehatannya. Tidak semua anjing bisa menyukai dan cocok dengan semua bentuk permainan dan exercise. Jenis / breed anjing tersebut mempengaruhi jenis permainan yang dapat Anda lakukan bersama mereka.

Anjing yang powerful seperti Siberian Husky akan senang melakukan permainan yang menantang kemampuan fisiknya. Sedangkan jenis anjing kecil seperti Chihuahua menyukai permainan yang ringan dengan durasi lebih pendek dari anjing yang powerful.

Walaupun tidak semua permainan cocok, namun kedua permainan di bawah ini umumnya disukai oleh anjing. Hanya ada baiknya untuk menyesuaikan durasinya dan tenaga dengan breed anjingnya.

Ingin tahu cara bermainnya? Ayo simak tipsnya di sini:

Tug Of War

Permainan tarik tambang yang juga dikenal dengan istilah Tug Of War ini disukai oleh berbagai breed anjing. Permainan ini berguna untuk mengontrol tingkat keagresifan anjing Anda. Selain itu, Anda juga bisa belajar untuk melatih diri Anda menjadi pemimpin yang mengontrol anjing Anda.

Ingin mengajari  anjing Anda cara bermain Tug of War? Kuncinya adalah gunakan treat untuk mengalihkan perhatiannya, dengan cara sebagai berikut:

  1. Tiap kali anjing Anda tidak mau berhenti menarik, berikan treat sehingga dia melepaskan tali atau mainan ini.
  2. Ketika dia berhenti menarik, pujilah dan perintahkan dia untuk duduk.
  3. Ulangi latihan ini berkali – kali, hingga Anda tidak perlu lagi menghentikan anjing Anda tanpa treat.
  4.  Istirahatlah setiap 30 detik dan latihlah dia untuk sit dan stand pada waktu jeda permainan.

 

Hide and Seek

Ternyata Anda juga bisa lho bermainan hide and seek bersama anjing. Permainan hide and seek ini tidak hanya seru tapi juga bermanfaat bagi anjing Anda. Dengan bermain hide and seek, Anda bisa meningkatkan ikatan antara Anda dan anjing kesayangan. Selain itu, usahanya mencari Anda juga menstimulasi kecerdasan dan kemampuan fisiknya.

Bagaimana cara mengajarkan permainan ini ?

  1. Bawa mainan dan treat favoritnya di dalam kantung baju/celana Anda.
  2. Perintahkan anjing Anda untuk sit atau stay di satu ruangan.
  3. Lalu Anda pergi bersembunyi di ruangan lain dan panggil namanya dan tunggu hingga dia mendatangi Anda.
  4. Ketika dia datang, berikan pujian lalu tambahkan reward dengan memberikan mainan dan treat favoritnya.
  5. Ulangi permainan ini sampai dia mengerti. Kalau anjing kesayangan sudah mengerti cara bermain, maka Anda tidak perlu lagi menggunakan treat / mainan sebagai umpan ya.

Jangan lupa variasikan permainan ini sehingga anjing Anda tidak bosan. Yang penting Anda harus sabar mengajarinya. Kalau sudah mencoba permainan dan exercise di atas, share ya pengalamannya pada kolom di bawah. Let’s do hide and seek