Shih Tzu mempunyai bulu yang sangat lebat. Lalu seperti apa perawatannya?

Siapa Bilang Merawat Shih Tzu Ribet? Simak Artikel Ini!

Sebagai breeder anjing ras Shih Tzu, Ibu Yenny, pemilik breeder Le’grande Shih Tzu pasti punya banyak pengalaman tentang cara merawat ras anjing satu ini. Sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya, kali ini PRO PLAN akan membahas tentang perawatan Shih Tzu lebih detail. Simak ya, PetLovers. 

Banyak yang bilang merawat Shih Tzu itu ribet, benar nggak?

Mungkin karena bulunya yang panjang jadi banyak yang bilang seperti itu. Tapi sebenarnya nggak juga. Sepengalaman saya merawat Shih Tzu sejak tahun 2006, Shih Tzu itu nggak terlalu ribet soal perawatan kesehatan. Cuma, soal perawatan bulu harus ada perhatian ekstra.

Memang bagaimana cara merawat bulu Shih Tzu?

Sama seperti anjing berbulu lebat lainnya, Shih Tzu harus disisir setiap hari. Paling minim sehari sekali. Selanjutnya, pemilik Shih Tzu nggak boleh malas melakukan grooming, lakukan seminggu sekali agar bulu-bulunya terjaga dengan baik.

Adakah perawatan khusus untuk bulu Shih Tzu?

Nah, soal perawatan khusus, biasanya saya mengikat ujung bulu Shih Tzu dengan wrapping paper. Kan bulu Shih Tzu panjang tuh. Kalau nggak dilipat dengan wrapping paper, entar bisa rusak karena kena pipisnya atau terinjak saat dia jalan. Cuma untuk melakukan wrapping ini harus sabar. Harus telaten. 

Selain soal bulu, bagaimana dengan anggota tubuh lainnya?

Anjing jenis Shih Tzu harus diperhatikan kesehatan matanya. Kadang matanya sering berair, kalau dibiarin bisa bermasalah. Selain itu juga harus memperhatikan telinganya. Karena telinga Shih Tzu kan panjang, kalau tidak sering dicek, akan banyak kotoran yang mengganggu kesehatan telinganya.

Bagaimana cara membersihkan telinga Shih Tzu?

Kalau lagi bermasalah harus dibersihkan satu hari sekali & harus dilakukan secara rutin selama dua minggu. Cara membersihkannya dengan alat khusus, seperti cotton bud. Jadi kita angkat dulu kotorannya. Jika sudah bersih, baru ditetesin dengan cairan khusus dari dokter hewan.

Kalau untuk perawatan biasa, bisa dilakukan seminggu sekali setelah mandi.

Soal gigi, ada treatment khusus juga?

Sebenarnya tidak. Tapi untuk menjaga kebersihannya, bisa diberikan mainan yang nantinya digigit sama anjing tersebut. Mainan ini secara otomatis akan membuat gigi anjing bersih. Teman-teman bisa mencarinya di pet shop, tanya saja mainan khusus untuk membersihkan gigi anjing.

Problem Shih Tzu paling sering datang dari mana sih? Lingkungan kah?

Kalo mata sih kayaknya genetik. Tapi kalau kulit bisa karena makanan. Jadi penting untuk memberikan dog food yang sesuai dengan kebutuhan Shih Tzu.

Anjing jenis Shih Tzu sering susah makan nggak? Jika iya gimana cara mengatasinya?

Sebenarnya nggak. Itu problem musiman. Dalam kondisi normal, Shih Tzu harusnya diberi makan sehari dua kali.

Nah, saat Shih Tzu susah makan, biasanya saya memberikan PRO PLAN Fussy & Beauty yang cocok untuk anjing susah makan. Selain itu, meski Shih Tzu badannya kecil, tapi punya kebutuhan energi yang tinggi. Jadi harus kebutuhan nutrisi harus terpenuhi. Bentuk kibble-nya pun menyesuaikan. Lebih kecil dari kibble dog food untuk anjing besar.  

Bagaimana dengan Shih Tzu senior?

Oh iya, di sini banyak banget anjing Shih Tzu yang sudah pensiun. Maksudnya sudah tidak diikutsertakan show lagi. Perawatannya, mereka diberikan pampers. Biar rumah tetap bersih. Soalnya anjing jantan lebih sering buang air kecil dibanding anjing betina.

Soal pemberian makanan juga tetap harus diperhatikan. Dalam hal ini, PRO PLAN membantu saya menjaga nutrisi anjing baik saat masih puppy, dewasa hingga senior.

***

Bagaimana, PetLovers? Tertarik untuk memelihara Shih Tzu? Perhatikan kesehatan bulunya. Lakukan perawatan dari luar dengan rajin menyisir & grooming seperti yang disarankan Ibu Yenny. Selain itu, berikan perawatan dari dalam dengan memilih dog food yang membuat bulu lebih cantik & tidak mudah rontok.