Pemilik Anjing Pemula, Perhatikan 4 Hal Ini Saat Memilih Makanan Peliharaanmu

PetLovers, memiliki anjing peliharaan untuk pertama kalinya pasti terasa bersemangat. Tentunya, timbul juga berbagai pertanyaan tentang cara perawatannya. Salah satunya adalah pertimbangan saat memilih jenis makanannya. Tapi, tak perlu khawatir, karena tips di bawah ini bisa membantu PetLovers memilih varian produk sekaligus harga makanan anjing yang tepat untuk peliharaanmu. Yuk, simak penjelasannya.

1. Pilih Jenis Makanan yang Sesuai dengan Usia Anjing

PetLovers, kebutuhan nutrisi pada anjing berbeda, disesuaikan dengan tahapan usianya. Hal ini pula yang menyebabkan harga makanan anjing menjadi bervariasi, meski diproduksi oleh merek dagang yang sama.

Anjing membutuhkan makanan yang mengandung protein, lemak, dan serat yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan otot, tulang, dan pencernaannya. Misalnya, anak anjing membutuhkan protein dan kalori lebih banyak dibandingkan anjing dewasa. Hal itu dikarenakan anjing yang masih kecil membutuhkan nutrisi untuk masa pertumbuhannya. Sedangkan, anjing dewasa dan senior tidak membutuhkan kalori sebanyak anak anjing karena semakin tua usianya, metabolisme tubuhnya akan semakin menurun. Kebutuhan energinya juga berkurang mengingat aktivitasnya tidak seaktif ketika masih menjadi anak anjing. 

2. Sesuaikan dengan Ukuran Tubuh Anjing

Selain usianya, ukuran tubuh anjing juga berpengaruh pada harga makanan anjing. Kenapa? Hal ini karena pemberian makanan perlu disesuaikan dengan ukuran anjing yang PetLovers pelihara. 

Anjing Ras besar seperti Golden Retriever atau Labrador Retriever membutuhkan glukosamin yang lebih banyak untuk mendukung persendian yang sehat. Glukosamin sendiri adalah zat yang dapat membantu menjaga kesehatan persendian pada tulang. Bagaimana dengan anjing Ras kecil?

Anjing Ras kecil seperti Poodle, Chihuahua, dan Shih Tzu memiliki rahang dan gigi yang kecil sehingga membutuhkan makanan yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran mulut dan giginya. Selain itu, jika PetLovers memberi makan anjing terlalu banyak atau pemberian tidak sesuai dengan ukurannya, bisa memperbesar risiko obesitas pada anjing. Karena, anjing yang mengalami obesitas juga rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan. Tentunya PetLovers tak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

3. Perhatikan Kondisi Kesehatan Anjing

Selain usia dan ukuran, kondisi kesehatan juga memengaruhi harga makanan anjing. 

Setiap anjing memiliki kondisi yang berbeda. Ada yang memiliki pencernaan dan kulit sensitif. Oleh karena itu, sebaiknya saat memilih makanannya, selain mempertimbangkan harga makanan anjing, pertimbangkan pula kondisi kesehatannya. Dengan mengunjungi dokter hewan secara berkala, PetLovers dapat mengetahui makanan anjing yang tepat sesuai kondisi kesehatan, sehingga risiko penyakit di masa depan dapat diminimalkan.

4. Tentukan Goal untuk Anjing Peliharaan

Biasanya saat memelihara seekor anjing, PetLovers akan menentukan target tertentu. Misalnya, PetLovers menginginkan anjing dengan rambut berkilau, memiliki tulang kuat dan mampu berlari cepat, atau mampu melakukan kegiatan akrobatik.

Nah, untuk mencapai target yang telah ditentukan, kebutuhan nutrisi anjing kesayangan PetLovers tentu perlu dipenuhi secara tepat. Selain melihat harga makanan anjing, PetLovers juga perlu mempertimbangkan kandungan nutrisinya. Misalnya, memberikan nutrisi lengkap dan seimbang dengan kombinasi yang tepat, seperti Pro Plan Essential Health.

 

  123

 

Pro Plan Essential Health merupakan kombinasi dari nutrisi terbaik yang secara spesifik disesuaikan dengan ukuran anjing yang berbeda-beda untuk mendukung kebutuhan spesifik mereka, dan menjaga kondisi optimal anjing. Oleh karena itu, Pro Plan Essential Health tersedia dalam varian small & mini (berat badan di bawah 10 kg), medium (berat badan 10-25 kg), dan large (berat badan di atas 25 kg). 

Meski kebutuhannya disesuaikan dengan ukuran anjing, ketiga varian Pro Plan Essential Health sama-sama memiliki nutrisi penting, seperti taurin untuk mendukung kesehatan fungsi jantung; mineral khusus untuk membantu mencegah pembentukan plak gigi yang seimbang; vitamin D dan asam lemak omega-3 untuk mendukung kesehatan gigi dan gusi; inulin (prebiotik dari akar chicory) yang terbukti menyeimbangkan mikroflora usus; dan antioksidan yang terbukti secara ilmiah meningkatkan kekebalan tubuh anjing kesayanganmu. Tak hanya itu, Pro Plan Essential Health juga diproduksi tanpa tambahan pewarna, perasa, dan pengawet untuk menjaga kesehatan anjingmu.

Lalu, bagaimana dengan harga makanan anjing Pro Plan Essential Health ini? Tentunya bervariasi tergantung ukurannya. Kamu bisa mengunjungi official store Purina Pro Plan di Shopee dengan klik di sini untuk mengetahui harga makanan anjing selengkapnya.

Itulah hal-hal selain harga makanan anjing yang perlu kamu perhatikan saat memilih makanan anjing untuk pertama kalinya. PetLovers juga bisa berkonsultasi seputar anjing kesayangan dengan Tanya Ahli di sini. Semoga informasi ini bermanfaat dan anjing kesayanganmu tumbuh sehat, ya!