Nutrisi yang Dibutuhkan Anjing Dewasa

Oleh Drh Nyoman (Nyomie)

Memilih makanan yang tepat untuk anjing dewasa seringkali dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Tidak sedikit anjing diberi makanan manusia atau makanan komersial khusus anjing yang harganya lebih ekonomis namun tidak diperhatikan kandungan nutrisi, komposisi bahan baku, dan lainnya. Kenapa hal ini bisa terjadi? Lalu apa manfaat untuk PRO PLAN Dog untuk anjing kamu? 

 

Banyak yang menganggap sepele

Karena pencernaan anjing dewasa lebih kuat dibanding puppy, banyak orang akhirnya menyepelekan makanan harian untuk anjing mereka. Ya, anjing dewasa memang lebih kuat pencernaannya. Berbeda dengan anak anjing yang bila ada perubahan makanan, biasanya diikuti dengan diare.

Akan tetapi, apabila nutrisi tidak diperhatikan, anjing akan mengalami masalah permasalahan.

Beberapa problem kesehatan jangka pendek jika anjing kekurangan nutrisi seperti:

  1. Kerontokan bulu (cek bahaya jika anjing mengalami bulu rontok dalam waktu yang lama)
  2. Penyakit kulit.

Sementara problem jangka panjang yang bisa menyerangnya adalah:

  1. Pembentukan kristal/batu pada saluran pipis
  2. Pembentukan karang gigi yang lebih cepat
  3. Penyakit dalam seperti gangguan ginjal dan hati.

Dari sini, pentingnya memberikan PRO PLAN Dog yang merupakan makanan anjing terbaik.

 

Bagaimana memenuhi kebutuhan nutrisi anjing dewasa?

Jumlah asupan makanan untuk anjing dewasa berbeda-beda untuk setiap individu anjing, hal ini dipengaruhi breed-ukuran tubuh dan aktivitas anjing. Semakin tua anjing kandungan protein yang diberikan tidak boleh terlalu banyak untuk menghindari gangguan pada ginjal. Umumnya anjing dewasa cukup diberikan makanan dua kali dalam sehari.

Yang harus diperhatikan dalam memberi makanan komersial khusus anjing adalah kandungan yang terdapat di dalamnya. Apakah menggunakan daging sebenarnya atau hanya ‘meat by product’ seperti jeroan, bulu, kulit, tulang, mata, dan lainnya? Kualitas komposisi makanan memang menentukan harga dari makanan tersebut, namun juga menentukan jumlah yang dapat diserap sempurna oleh tubuh sehingga pada makanan komersial kualitas super premium seperti PRO PLAN Dog umumnya tidak perlu diberikan dalam kuantitas yang berlebih.

 

Gemuk memang lucu namun tidak baik untuk kesehatan

Kesalahan yang biasa terjadi adalah pemilik yang memanjakan anjingnya dengan memberikan jumlah makanan yang berlebihan atau bahkan tidak terbatas, juga dengan banyak cemilan/treats sehingga anjing menjadi gemuk bahkan lebih malas dan susah berjalan.

Apalagi bagi anjing yang sudah terbiasa dengan makanan homemade atau makanan manusia, akan sangat susah bila dicoba memberikan jenis kering bila tidak dicampur dengan basah. Yang utama harus dihindari adalah penggunaan nasi secara berlebihan. Nasi dapat dicerna oleh tubuh anjing bahkan bermanfaat dalam kondisi diare karena nasi dapat menyerap kelebihan air di saluran gastrointestinal, namun karena nasi memiliki kandungan karbohidrat yang mudah diserap akan mudah membuat tubuh anjing cepat gemuk (cek pentingnya menjaga berat badan anjing kesayangan).

Jagalah berat badan ideal anjing, karena akan berpengaruh terhadap kesehatannya terutama untuk kondisi jantung di usia lanjut.

Ketika anjing yang kegemukan menunjukkan tanda sering kelelahan, batuk kering tidak frekuen atau hanya  saat stress atau kelelahan, yang harus diwaspadai adalah telah terjadi pembesaran ukuran jantung dari kondisi normal. Jantung yang membesar atau telah diseliputi lemak akan sulit bekerja optimal dan kembali ke kondisi semula. Akan terlambat bila sudah didiagnosa mengalami gangguan jantung karena membutuhkan konsumsi obat-obatan seumur hidup dan terancam kematian mendadak.

Cara menjaga berat badan tidak hanya dengan mengatur asupan makanan dan menghindari daging berlemak, namun diikuti dengan aktivitas  gerak yang cukup sehingga anjing dapat  aktif dan tetap bersemangat.

 

Alergi dan masalah kulit

Bagaimana keterkaitan makanan dengan masalah kulit?

Selain masalah kulit yang berasal dari parasit atau jamur yang umum, seperti parasit scabies, demodex, jamur ringworm, banyak kasus yang disebabkan atopic dermatitis atau alergi musiman tanpa sebab yang jelas dan alergi jenis makanan tertentu. Oleh karena keterbatasan fasilitas umumnya praktek dokter hewan tidak dapat menyebutkan dengan pasti apa penyebab alergi atau dengan gejala kerontokan dan gatal-gatal yang biasa berawal dari sekitar telinga, sekitar mata dan daerah kaki. Namun pemicu dari dalam (alergi) mengakibatkan anjing rentan terkena infeksi sekunder bakteri karena luka garukan atau bahkan dengan kombinasi parasit kulit scabies demodex dan ketombe-ketombe jamur.

Alergi mempunyai banyak penyebab, hal yang paling umum didapati adalah bersumber dari makanan.

Sebenarnya semua jenis sumber protein makanan mempunyai potensi penyebab alergi dengan derajat yang sama (tidak ada jenis protein yang lebih alergenik daripada protein lainnya) bergantung dari tingkat paparan protein tersebut masuk dalam tubuh, ukuran dan struktur protein. Menurut penelitian, anjing dan kucing bereaksi terhadap lebih dari 1 sumber protein, bergantung pada seringnya anjing dan kucing diberikan makanan dengan sumber protein yang sama. Sehingga yang paling umum diberikan pada anjing dengan kondisi sering gatal adalah makanan komersial mengandung daging kambing (lamb). Selain itu makanan khusus prescription yang hypoallergenic juga biasa diberikan untuk mengatasi gejala alergi.

Penyebab alergi lainnya juga bisa terjadi karena bahan aktif pengawet di dalam makanan komersial atau kandungan grain di dalamnya. Jagung, gandum, dan berbagai tipe bijian lainnya selain dapat menyebabkan alergi juga dapat membuat kembung. Oleh karena itu sebaiknya juga dihindari pemberian treats berupa roti dalam jumlah banyak.

Untuk dengan sensitivitas terhadap gandum dan daging sapi, PetLovers bisa memberikan PRO PLAN Sensitive Skin & Stomach. Cek info produknya di sini.  

Penting diperhatikan bila anjing memiliki intensitas dan kuantitas frekuensi makan yang tinggi namun tidak disertai pertambahan berat badan dan kualitas kulit bulu yang memburuk, terkadang juga diikuti kondisi diare, adalah permasalah dari kemampuan menyerap nutrisi. Exocrine Pancreatic Insufficiency (EPI) adalah gangguan pengeluaran enzim pancreas yang bertugas memecah makanan yang dimakan sehingga dapat diserap ke dalam tubuh, sehingga tubuh kekurangan nutrisi dalam jumlah besar dan menjadi selalu lapar.

Dalam kondisi ini pengobatan topical dan injeksi untuk mengatasi masalah kulit tidak akan berhasil. Konsultasikan permasalahan ini ke dokter untuk mendapat pengobatan diikuti dengan perbaikan kualitas makanan akan dapat mengembalikan kondisi berat ideal dan kulit bulu yang sehat dan bercahaya kembali.

Yuk belanja PRO PLAN Dog dan produk PRO PLAN lainnya secara online di Purina Official Store. Untuk lebih mudahnya PetLovers bisa klik link berikut: