Nutrisi untuk Anak Anjing

Nutrisi untuk Anak Anjing

Oleh Drh Nyoman (Nyomie)

Anak anjing mulai dapat diberi makanan padat pada usia 4 minggu, dimana pada usia tersebut kebutuhan nutrisinya tidak dapat tercukupi hanya dari susu induknya. pada usia 6 minggu umumnya anak anjing sudah dapat disapih atau dilepas dari susu induknya. untuk anak anjing dibawah usia 8 minggu pemberian makanan padat komersial dapat dilakukan dengan melunakkannya terlebih dahulu dengan air hangat.

Nutrisi yang dibutuhkan anak anjing adalah protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, energi, air dalam jumlah seimbang. Bila ada bagian yang kurang atau berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Anak anjing tidak membutuhkan tingkat energi terlalu tinggi dalam makanannya karena bila berlebihan dapat menyebabkan kelainan pertumbuhan tulang. Lemak dibutuhkan untuk mensupply energi, asam amino dan transport vitamin ADEK, bila kurang lemak dapat merusak vitamin dan asam amino sehingga kurus dan pertumbuhan bulu terhambat, dan bila berlebihan pertumbuhan tubuh dapat terlalu cepat, obesitas dan menyebabkan  gangguan pertumbuhan tulang.  karbohidrat dan energi diperlukan untuk aktivitas tubuh, tanpa ini tubuh akan mengubah protein dalam tubuh menjadi glukosa untuk dapat digunakan sehingga protein yg dibutuhkan untuk pembentukan jaringan menjadi terganggu.

Hal yang penting adalah vitamin dan mineral yang berperan penting dalam reaksi kimia dalam tubuh. namun pada diet khusus anak anjing komersial yang sudah terukur, penambahan suplemen vitamin dan  mineral tidak lagi dibutuhkan. vitamin dan mineral berlebihan dalam tubuh khususnya kalsium dan fosfor dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan tulang.

Pemilihan makanan yang ideal untuk anak anjing sangat diperlukan terutama dalam 6 bulan pertama usianya karena akan menentukan kualitas kehidupan yang tampak dari pertumbuhan tubuh dan tulang yang baik, pertambahan berat badan ideal, rambut/bulu yang tebal dan bercahaya, tingkah laku yang ceria dan energik, kotoran yang berbentuk padat dengan warna coklat sampai agak gelap.

Makanan komersial yang lengkap dan seimbang terdapat dalam 2 bentuk yaitu bentuk kaleng (basah) dan kering. perbedaan terdapat pada jumlah air, makanan basah juga lebih disukai karena bau dan rasanya lebih enak, sedangkan makanan kering dipilih karena lebih ekonomis. namun harus diperhatikan pemberian makanan basah jangan dibiarkan lebih dari 2 jam di udara terbuka karena akan memungkinkan masuk bakteri, begitupula penyimpanan dalam kulkas sebaiknya tidak melebihi 3hari.

Yang harus diperhatikan adalah ketersediaan air bersih yang cukup, tidak terbatas setiap saat karena dibutuhkan oleh metabolisme tubuh.

Pemberian makanan padat dapat dibagi 3-4 kali sehari, dan setelah 6 bulan dapat diberikan 2 kali sehari.

Anjing berukuran kecil sampai sedang mendapatkan 50% berat badan dewasanya pada usia 4 bulan, sedangkan pada anjing trah besar dengan berat diatas 25 kg mencapai 50% berat badan dewasanya disekitar usia 5 bulan, akan tetapi hal ini juga bergantung dari breed anjing. Makanan khusus puppy pada anjing kecil sampai medium diberikan hingga usia 12 bulan sedangkan trah besar dapat mulai menggunakan makanan khusus adult di usia 14-16 bulan.

Untuk memperkenalkan makanan baru kepada anak anjing campurkan kedua jenis makanan dan berikan dengan rasio 25% - 50% - 75% - 100% dalam jangka waktu 7 hari. Hal ini bertujuan supaya pencernaan dapat beradaptasi, tidak kaget dan menyebabkan diare.

Pemberian treats dan makanan manusia sebaiknya dihindari atau dikurangi jumlahnya karena jumlah nutrisi berlebihan akan menyebabkan obesitas, gangguan pertumbuhan tulang dan umumnya makanan manusia akan lebih disukai anjing sehingga anjing menjadi manja tidak mau kembali ke makanan diet khusus yang lebih seimbang. selain itu harus diawasi kandungan bahan dalam makanan manusia yang berbahaya bagi anjing seperti bawang.

Begitu juga  pada pemberian susu, sebaiknya dihindari bila anak anjing sudah bisa makan makanan padat. bila tetap ingin memberikan susu sebaiknya berikan formula khusus puppy atau kitten, susu bayi rendah laktosa, atau susu kambing. hal ini utk menghindari diare yang disebabkan lactosa intolerant pada pencernaan anak anjing yang sensitif.

Lakukan pula pemeriksaan kesehatan umum pada anak anjing secara berkala oleh dokter hewan, untuk mencegah penyakit infeksi dengan vaksinasi mulai usia 1,5 - 2 bulan dan pemberian obat cacing secara reguler untuk menghindari gangguan penyerapan nutrisi akibat cacingan.