Jenis Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi Bareng Anjing dan Kucing

Aktivitas rutin sehari-hari tidak hanya menyita waktu quality time bersama keluarga, tetapi juga waktu kebersamaan dengan anjing maupun kucing kesayangan berkurang. Oleh karena itu sesekali waktu kamu perlu mengajak hewan peliharaan tersebut untuk liburan bersama. Kini, beberapa tempat wisata ada yang menerapkan konsep dog friendly. Berikut beberapa tempat wisata untuk anjing yang bisa PetLovers kunjungi.

Baca: Alasan Kenapa Hewan Kesayangan Pun Butuh Liburan

  1. Pantai

Tempat wisata untuk anjing dan kucing pertama yang bisa dikunjungi adalah pantai. Tidak hanya manusia saja yang ingin menghabiskan waktu untuk bersantai di pantai. Hewan peliharaan juga membutuhkan tempat untuk mereka memanjakan diri di pantai. Ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan bersama anjing atau kucing kesayangan. Semisalnya saja mengajaknya berlarian kecil di sepanjang garis pantai.

Aktivitas ini bisa menjadi latihan yang baik bagi anjing maupun kucing. Dengan berlari otot dan daya tahan hewan peliharaan menjadi semakin prima. Meski begitu tetap selalu awasi hewan peliharaan PetLovers agar tetap aman dan tidak mengganggu pengunjung lainnya. Salah satu pantai yang menarik untuk liburan bersama anjing contohnya adalah Pantai Ancol dan Pantai Kuta. Mengingat di kedua pantai tersebut pengelola memang membolehkan pengunjungnya membawa hewan peliharaan (dog friendly).

  1. Taman

Mengajak rekreasi anjing dan kucing peliharaan ternyata memberikan manfaat tersendiri bagi mereka. Manfaat tersebut antara lain adalah hewan-hewan peliharaan dapat menghirup udara segar. Untuk mendapatkan udara segar inilah kamu bisa mengajaknya berkeliling taman kota setiap akhir pekan semisalnya.

Kalau kamu tinggal di Jakarta, ada salah satu taman yang cocok untuk anjing maupun kucing kesayangan. Seperti dilansir dari Beauty Journal, taman tersebut adalah COMO Park yang beralamat di Kemang Timur, Jakarta Selatan. Tempat ini adalah rumah dari beberapa restoran, kantor dan pertokoan. Di salah satu areanya terdapat leash free area, dimana di sini bisa melepas rantai anjing agar dapat bermain dengan bebas.

  1. Kafe dan Restoran Khusus

Seiring berkembangnya bisnis kafe, kini banyak para pemilik kafe yang membuat konsep dog friendly bagi para pengunjungnya. Meski di beberapa kota jumlahnya terbatas, namun dapat mengobati para pecinta anjing dan kucing untuk dapat rekreasi bersama. Tidak hanya itu, kafe ini biasanya juga menjual beragam aksesoris untuk hewan peliharaan tersebut.

Kafe dengan konsep dog friendly yang bisa PetLovers kunjungi salah satunya adalah Pet Cafe yang ada di Ruko Citra Garden, Jakarta Barat. Kafe ini tidak hanya menyediakan makanan bagi manusia saja tapi juga untuk hewan peliharaan. Di sini juga terdapat layanan grooming, styling, hingga jacuzzi untuk hewan peliharaan.

  1. Wisata Alam

Selain pantai lokasi wisata alam lainnya adalah pilihan yang tepat untuk berlibur bersama anjing atau kucing kesayangan. Jika kamu mengajak anjing ke tempat wisata alam bisa dengan pergi ke wisata perbukitan, mendaki gunung, pergi ke hutan pinus dan masih banyak tempat lainnya lagi yang menjadi alternatif. Namun hal yang harus diingat adalah pastikan anjing dalam kondisi fit dan selalu dalam pengawasan.

Baca: Agar Anjing Tidak Sakit Setelah Liburan

Memang, beberapa tempat wisata alam memperbolehkan pengunjungnya membawa hewan peliharaaan. Walau begitu kamu harus ikuti panduan yang berlaku agar tidak mengggangu pengunjung maupun hewan peliharaan pengunjung lainnya. Sehingga liburan pun akan terasa menyenangkan.

  1. Pameran Margasatwa

Liburan bersama anjing maupun kucing tidak hanya ke tempat wisata alam, kafe dan tempat wisata lain. PetLovers juga bisa mengajaknya ke pameran margasatwa. Dalam pameran ini biasanya pengunjung akan dibebaskan membawa hewan peliharaanya.

Manfaat yang bisa didapatkan dari mengunjungi pameran margasatwa adalah, anjing maupun kucing kamu akan berinteraksi dengan hewan lainnya. Begitu juga dengan pemiliknya yang bisa berinteraksi maupun berkonsultasi dengan ahli atau menambah relasi mengenai hobi maupun hewan peliharaan. Biasanya pameran margasatwa dilakukan di taman safari dan kebun binatang seperti Ragunan, Jawa Timur Park, dan sebagainya. Menarik bukan?

Jangan lupa agar anjing dan kucing tetap fit selama liburan di tempat wisata yang bisa membawa anjing, berikan asupannya dengan makanan anjing terbaik seperti ProPlan Bright Mind yang mampu meremajakan fungsi otak anjing kesayangan. Selamat berlibur.

Source: Beauty Journal