Jangan Salah, Inilah 5 Tips Mengatasi Anjing yang Tak Mau Makan

Memelihara anjing adalah hal menyenangkan. Selain dapat dijadikan hewan peliharaan, anjing juga dapat diandalkan untuk  keperluan lainnya, seperti menjadi teman anak-anak di rumah atau menjaga rumah dari orang tidak dikenal. Namun, ada kalanya nafsu makan anjing peliharaan menurun. Penyababnya tentu beragam, mulai dari anjing terlalu banyak dimanja hingga stres dan dalam kondisi sakit. Bagi PetLovers yang memiliki anjing yang tak mau makan, berikut ada lima tips sederhana yang bisa diterapkan dirumah.

Tetapkan waktu makan yang teratur untuk anjing

Tidak mudah untuk memulihkan anjing yang nafsu makannya berkurang. Salah satu penyebabnya adalah tidak teraturnya waktu makan yang kita berikan. Sebaiknya bila anjing di rumah susah makan, jangan membiarkan mangkuk makanan ada di depannya karena hal tersebut akan membuatnya semakin merasa malas. Jika dia tidak menyentuh makanannya, lebih baik hindarkan. Usahakan menyiapkan makanan anjing sesuai dengan jadwal makan kita. Seperti jam makan pagi, siang, dan malam.

Aturlah jadwal pemberian makan anjing PetLovers sesuai umur. Untuk anjing anakan sampai umur tiga bulan, beri makan empat kali sehari dengan jarak 4-5 jam. Di atas tiga bulan, beri makan anjing sebanyak tiga kali dengan jarak 6-7 jam. Sementara untuk anjing umur enam bulan ke atas, sebaiknya makan dua kali saja dengan jarak waktu 12 jam. Berilah dia waktu 10-20 menit untuk menghabiskannya.

Memberi stimulasi

Untuk mengatasi dan memulihkan nafsu makan anjing, PetLovers juga bisa memberinya rangsangan. Di antaranya dengan memberinya aroma dan mengudap makanan di depan anjing. Dengan begitu, anjing akan terangsang rasa laparnya secara alami. Berilah secara berkala sebelum waktu makan tiba. Ingat, melansir dari laman Pet MD, jangan memberinya kudapan tulang atau kulit ayam. Lebih baik beri dia daging putih rendah lemak untuk menjaga nafsu makannya kembali.

Ajak anjing lain saat makan

Selain memberi stimulasi lewat makanan atau kudapan, PetLovers juga bisa melakukannya dengan cara berikut, yakni mengajak anjing lain saat anjing di rumah makan. Hal ini bisa dilakukan dengan memelihara lebih dari satu ekor anjing di rumah atau mencarikannya teman yang bisa diajak berkompetisi. Secara alami, anjing yang nafsu makannya menurun akan terpacu mengikuti anjing lainnya. Lakukan hal ini pada saat mereka memasuki jam makan. Seperti ketika makan pagi pada jam 07.00 dan makan malam di jam 18.00 sore untuk anjing dewasa, demikian dilansir laman Dogster.

Jangan terlalu banyak memberinya camilan

Terlalu banyak memberi camilan pada anjing sebenarnya tidak baik, terutama camilan atau kudapan yang mengandung banyak varian rasa. Sebab anjing akan semakin terbiasa dengan camilan dan mengurangi nafsu makannya pada dog food. Padahal, dog food penting bagi anjing dalam memperoleh asupan gizi dan nutrisi utama. Dalam memilih dog food atau makanan utama bagi anjing, perhatikan kandungan nutrisi berdasarkan kebutuhan anjing PetLovers.

Beri vitamin dan konsultasikan ke dokter

Hal terakhir dan paling penting dalam mengatasi anjing yang tak mau makan adalah memberinya vitamin selama beberapa hari sekali. Ini penting untuk menjaga kesehatan anjing dari penyakit, termasuk cacingan yang bisa jadi penyebab dari menurunnya nafsu makan anjing. Dalam memberikan vitamin ataupun vaksin, ada baiknya PetLovers berkonsultasi dulu dengan dokter hewan. Pasalnya, tiap anjing memiliki perbedaan dalam penanganan antara satu dengan lainnya.

 

PetLovers, itu dia lima tips sederhana mengatasi anjing yang tidak mau makan. Coba berikan PRO PLAN Fussy pada anjing PetLovers untuk meningkatkan konsumsi nutrisi pada anjing PetLovers. Kandungan real chichken di dalamnya juga mampu membantu anjing untuk meningkatkan nafsu makannya.