Ini Pendapat Dokter Ahli, Tentang Pentingnya Membedakan Makanan Anjing Senior

Oleh: Drh Lynn Kurniawan

Anjing senior mempunyai kebutuhan nutrisi khusus dan berbeda dari anjing di usia lainnya. Untuk itu, mengganti pakan anjing adalah salah satu cara tepat untuk menjaganya agar tetap sehat.

Tapi sebelum itu, PetLovers harus mengetahui beberapa hal tentang anjing senior. Apa saja?

Apakah Proses Penuaan Semua Anjing Sama?

Proses penuaan pada anjing berbeda-beda dan bergantung pada berbagai faktor, PetLovers. Antara lain ras, genetik, dan kondisi kesehatan mereka.

Jadi, dua ekor anjing yang sama-sama memiliki usia kronologis (usia sejak dilahirkan) 7 tahun belum tentu memiliki usia biologis (usia tubuh) yang sama.

Anjing ras kecil biasa mencapai usia dewasa lebih cepat dibandingkan dengan anjing ras besar, namun kemudian menua dengan lebih lambat. Usia dimana seekor anjing dianggap senior cukup beragam, namun rata-ratanya adalah sekitar 7-8 tahun.

Baca: Cara Merawat Anjing Senior

Apa Saja Perubahan Fisik yang Terjadi Pada Anjing Senior?

Beberapa perubahan fisik yang dialami oleh anjing yang menginjak usia senior antara lain:

  1. Penurunan massa otot dan peningkatan massa lemak
  2. Penurunan mobilitas
  3. Penurunan metabolisme
  4. Rambut menjadi lebih tipis dan tidak mengkilap
  5. Daerah sekitar moncong dan mata memutih
  6. Penurunan efisiensi sistem imun
  7. Penurunan kemampuan untuk mencerna dan menyerap nutrisi
  8. Perubahan dalam fungsi pendengaran, pengelihatan, dan pengecapan
  9. Penurunan fungsi otak

Kenapa Pakan Anjing Senior Harus Dibedakan?

Seiring dengan perubahan fisik, kebutuhan nutrisi anjing senior mulai berubah. Kemampuan sel-sel tubuh dalam memperbaiki diri dan mempertahankan fungsi fisiologis normal juga menurun.

Selain itu, penurunan metabolisme berdampak pada berkurangnya jumlah kalori yang dibutuhkan perhari (kecuali pada hewan yang memiliki masalah pencernaan). Oleh karena itu anjing senior membutuhkan pakan berkualitas tinggi dengan kandungan nutrisi yang lengkap, seimbang, dan mudah diserap oleh tubuh.

Salah satu produk PRO PLAN yang baik diberikan pada anjing yang menginjak usia senior adalah PRO PLAN BRIGHT MIND 7+. Produk ini mengandung enhanced bothanical oils yang dapat digunakan sebagai sumber energi tambahan sebagai nutrisi otak anjing senior. Kandungan vitamin dan antioksidannya baik untuk menjaga kekebalan tubuh sedangkan kandungan EPA dan DHAnya baik untuk menjaga kesehatan sendi. Apabila dikonsumsi secara teratur, peningkatan memori dan kesadaran dapat dilihat setelah kurang lebih 30 hari.

Sumber:

www.vetnutrition.tufts.edu

www.purina.com.au

www.7hillsvet.com

www.msdvetmanual.com