Hal Yang Anda Harus Ketahui Saat Adopsi

Hal Yang Anda Harus Ketahui Saat Adopsi

Ada beberapa kasus mengenai anjing & kucing yang disiksa, dibuang atau terlantar yang seringkali kita dengar dan baca di media. Mulai dari yang sengaja dibuang atau ditinggal oleh pemiliknya sampai disiksa oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Namun kita juga mendengar dan membaca tindakan pertolongan dari para pecinta hewan atau animal shelter sehingga banyak nyawa hewan yang terselamatkan.

Sebagai Pet Lovers apa yang harus Anda perhatikan jika ingin mengadopsi hewan-hewan yang pernah disiksa atau terlantar tersebut?

Untuk mengadopsi anjing & kucing yang pernah ditelantarkan, ada beberapa hal khusus yang perlu kita  perhatikan :

 

  1. Selalu ingat prinsip 3J

Pada saat Anda berkunjung ke animal shelter untuk pertama kali, selalu terapkan prinsip 3J terhadap hewan di shelter : Jangan sentuh, Jangan tatap matanya, Jangan ajak bicara. Tetaplah berada di sekitar mereka dengan tenang sampai hewan tersebut merasa nyaman dengan keberadaan kita. Jadi kita akan lebih mudah untuk mengakrabkan diri dengan hewan-hewan di shelter yang pada umumnya pernah mengalami trauma.

 

  1. Hari pertama akan menyenangkan.. sekaligus melelahkan!

Jangan mengharapkan anjing & kucing  yang Anda adopsi dapat beradaptasi dengan cepat di rumah Anda pada hari pertama. Karena perpindahan tempat tinggal dapat menyebabkan stress kepada anjing & kucing. Berikan waktu untuk mereka membiasakan diri terhadap kondisi rumah, lingkungan  serta keluarga. Pada beberapa hari pertama, hindari interaksi berlebihan terhadap orang asing selain anggota keluarga untuk mempercepat proses adaptasi pada anjing & kucing. Usahakan selalu temani anjing dan kucing dalam proses adaptasi ini.

 

  1. Pahami alasan mengapa mereka bisa bersama Anda sekarang

Diskusikan kepada aktivis shelter mengenai penyebab dan kondisi terakhir hewan tersebut ketika dibawa ke shelter. Apabila hewan yang Anda adopsi mengalami trauma karena suatu perlakuan buruk seperti disiksa, diikat dengan rantai sehingga membatasi ruang gerak, ditinggalkan oleh pemilik yang tidak bertanggungjawab, berjanjilah pada diri sendiri bahwa Anda akan merawat mereka dengan penuh kasih sayang serta tidak akan membiarkan hewan kesayangan Anda kembali mendapatkan perlakuan buruk dari siapapun.

 

  1. Demi kesehatan mereka, jangan lupakan vaksinasi

Cek terlebih dahulu apakah hewan yang Anda adopsi sudah mendapatkan vaksinasi sebelumnya. Jika sudah, mintalah kelengkapan buku vaksin dari shelter dimana Anda mengadopsi hewan kesayangan. Jika belum, segera kunjungi dokter hewan terdekat. Vaksinasi dapat melindungi anjing & kucing Anda dari berbagai penyakit berbahaya seperti Parvo, Rabies, Distemper, dan lain-lain. Bagaimanapun juga, lebih baik mencegah daripada menyesal kan, Pet Lovers?

 

  1. Terapkan disiplin sejak dini melalui litter training

Jangan hilangkan niat Anda untuk mengadopsi anjing & kucing terlantar karena beranggapan bahwa mereka tidak mengerti mengenai litter training (latihan mengontrol jadwal buang air). Bagi kucing, litter training akan sangat mudah, Anda dapat mengenalkan litter box yang berisi pasir.

Untuk anjing, pastikan bahwa Anda memiliki space dimana anjing dapat melakukan littering ini. Apakah akan dilakukan di litter box atau dilakukan secara outdoor (di luar rumah). Jika dilakukan di luar rumah, Anda harus menerapkan jadwal dog walking secara teratur agar anjing Anda dapat menyesuaikan diri.

6. Jangan tinggalkan hewan yang baru diadopsi dengan hewan yang sudah lama berada di rumah Anda

Jika Anda baru saja mengadopsi hewan namun sudah memiliki hewan peliharaan sebelumnya di rumah, pastikan Anda tidak meninggalkan hewan baru dengan hewan lama di dalam rumah tanpa pengawasan Anda. Teruslah mengamati dan mengontrol setiap interaksi mereka, bahkan jika Anda memiliki anak kecil di dalam rumah, perhatikan cara interaksi anjing & kucing Anda terlebih dahulu dengan mereka. Anda akan lebih nyaman meninggalkan hewan peliharaan di dalam rumah,  jika mereka sudah merasa nyaman dengan lingkungan rumah.

Jangan pernah menyesal dengan keputusan yang Anda ambil untuk mengadopsi mereka, karena Anda akan mendapatkan teman yang menyenangkan, sangat loyal dan menyayangi Anda.

Congratulations on your decision to adopt a rescued animal, Pet Lovers!

 

Sumber :

http://www.adoptapet.com/blog/top-tips-for-safely-bringing-home-a-rescue-or-shelter-dog/

http://www.catrescue.com.au/adoption-information/bringing-your-cat-home

http://www.knowyourcat.info/getcat/rescuecat.htm

https://www.petfinder.com/dogs/bringing-a-dog-home/tips-for-first-30-days-dog/