Cara Memilih Makanan Anjing Berdasarkan Jenis dan Kebiasaannya

Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan nutrisi, anjing kesayanganmu juga membutuhkannya, PetLovers. Jika kamu memberikan anjing peliharaan makanan yang tepat, maka pertumbuhan dan kesehatannya pun dapat lebih baik dan terjaga dengan sempurna. Lantas, bagaimana cara memilih makanan anjing berdasarkan sumber protein, umur dan kebiasaannya? Simak informasi lengkapnya di bawah ini, ya!

Sumber protein

Ada beberapa sumber protein di makanan anjing yang perlu kamu ketahui dan bisa diberikan untuk anjing kesayangan. Sebagai hewan karnivora, anjing memerlukan makanan yang mengandung protein. Makanan ini akan memberikannya gizi dan mineral yang diperlukan untuk membuatnya tetap kuat dan sehat. Beberapa sumber protein makanan anjing di antaranya adalah:

  1. Daging

Daging domba merupakan salah satu sumber protein yang digemari oleh anjing. Sehingga memberinya makanan dengan kandungan protein hewani ini merupakan keputusan yang tepat. Dapatkan kebutuhan nutrisi ini dari PRO PLAN Sensitive Digestion yang mengandung domba. Selain itu, PRO PLAN Sensitive Digestion ini bisa diberikan untuk anjing kamu yang memiliki kebutuhan sensitif di bagian pencernaannya. PRO PLAN Sensitive Digestion memiliki dua varian untuk puppy dan adult lho.

  1. Ayam

Daging ayam merupakan salah satu bahan dasar yang mudah disukai anjing kesayangan. Selama ini, daging ayam dikenal sebagai sumber protein yang baik untuk tubuh anjing. Untuk itu, kebanyakan produk PRO PLAN menggunakan daging ayam sebagai bahan dasarnya.

  1. Ikan

Ikan juga merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi anjing karena memiliki kandungan gizi yang hampir sama dengan daging kambing dan ayam. Bahkah, dalam beberapa hal, ikan Salmon & Tuna bisa menjadi sumber protein alternatif ketika anjing kesayangan kamu mempunyai alergi daging ayam & domba. Jika anjing kamu memiliki alergi, berikan PRO PLAN Sensitive Skin & Stomach yang mengandung bahan dasar ikan untuk menjaga kesehatan kulit. Jika kulit sehat, bulunya pun tidak mudah rontok, PetLovers. 

Memilih makanan anjing sesuai umurnya

Sebenarnya, pemilihan makanan anjing tidak dibedakan berdasarkan jenis anjing yang kamu punya. Yang perlu kamu perhatikan adalah tahap kehidupan anjing mulai dari puppy (anak anjing), dewasa, hingga anjing senior (tua). Masing-masing tahap membutuhkan jenis makanan yang berbeda karena kebutuhan gizinya pun berbeda. Berikut informasinya:

  1. Puppy

Puppy membutuhkan jenis makanan yang memiliki rasio protein dan lemak ideal. Makanan ini dibutuhkan untuk membantu anak anjing tumbuh lebih cepat dan sehat. Di usia puppy, sebaiknya kamu memberikannya PRO PLAN Puppy untuk melindunginya, PetLovers. Daya tahan tubuh puppy dapat dilindungi dengan PRO PLAN Puppy yang mengandung kolostrum untuk meningkatkan respons kekebalan tubuh anjing kesayanganmu.

  1. Anjing dewasa

Anjing masuk dalam kategori dewasa saat berusia antara 1 – 6 tahun. Ketika dewasa, anjing membutuhkan asupan protein dan lemak yang semakin bertambah. Kamu dapat memberikan anjing dewasa makanan anjing kering karena makanan jenis ini dianggap mencukupi kebutuhannya.

Berikan dia PRO PLAN Adult yang mengandung prebiotic untuk memperbaiki kesehatan usus dan menjaga kesehatan bulunya. Dengan kandungan antioksidean yang tinggi, PRO PLAN Adult juga dapat membuatnya siap menghadapi penuaan.

  1. Anjing senior

Untuk anjing yang sudah tua, makanan anjing kering sangat diperlukan. Kebutuhan protein dan lemak anjing senior lebih sedikit dibanding anjing dewasa. Namun, anjing yang sudah tua ini membutuhkan lebih banyak serat agar kebugaran tubuhnya selalu terjaga.

Memilih makanan anjing sesuai kebiasaan

Dalam memilih makanan anjing yang terbaik, tidak hanya usia anjing kesayanganmu saja yang harus dipertimbangkan. Kamu juga harus mempertimbangkan kebiasaannya agar dapat memenuhi kebutuhannya. Berikut informasinya:

  1. Gemar makan

Anjing yang banyak makan biasanya akan mengalami beberapa masalah seperti obesitas dan kelebihan berat badan. Jika diteruskan, kesehatannya akan terancam. Sebaiknya, berikan makanan rendah kalori dan cukup nutrisi untuknya agar dia dapat menggunakan persediaan lemak menjadi energi.

  1. Tidak nafsu makan

Apabila anjing kesayanganmu sering tidak nafsu makan, berikan dia jadwal puasa sehari penuh setiap minggu dengan hanya memberinya minuman. Menghentikan pemberian camilan dan kudapan dapat memicu kembali nafsu makannya. Jika dia masih susah makan, kamu dapat memberinya PRO PLAN Fussy & Beauty dengan rasa yang lezat, khusus untuk anjing yang suka pilih-pilih makanan.

Pilihlah makanan anjing yang sesuai dengan sumber protein, umur dan kebiasaannya agar anjing kesayanganmu dapat tumbuh besar dengan sehat dan sempurna, PetLovers. Karena tingkat keaktivan setiap anjing berbeda-beda, kamu harus memilih merk makanan anjing yang sesuai dengan kebutuhan seperti PRO PLAN, ya. Semoga bermanfaat!