Cara Melatih Anak Anjing (Puppy)

Cara Melatih Anak Anjing (Puppy)

Siapa yang masih bingung cara mengajari anak anjing (puppy) di rumah?

Puppy pada umumnya belum memiliki awareness akan lingkungannya. Kalau tidak dilatih sejak kecil, bisa membahayakan si puppy. Bisa saja puppy mengalami trauma ketika bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Untuk itu, sebaiknya puppy diberikan latihan dasar dan cara bersosialisasi.

Seperti apa bentuk latihannya dan apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya.

Latihan Dasar 

Sit dan Fetch

Perintah “sit” bermanfaat untuk berbagai situasi. Karena ketika anak anjing berada pada posisi duduk (sit), dia menjadi fokus untuk menangkap perintah dari Anda.  Gunakanlah treat untuk mengajarkan puppy untuk “sit”:

  1. Perlihatkan treat favorit puppy di genggaman Anda.
  2. Bawa treat  ke atas kepalanya sehingga dia tidak bisa mengambil, lalu taruh treat lebih rendah sehingga puppy terduduk.
  3. Lalu katakan “Sit! dan berikan treat dan pujian padanya.
  4. Ulang latihan ini hingga puppy mengerti perintah sit. Selama latihan, hanya gunakan kata “Sit” dan pujian. Tujuannya agar si puppy bisa mengerti perintah ‘Sit’ dan tidak tertukar dengan kata lain.

 

Fetch (menangkap/mengambil)

  • Fetch adalah permainan dimana puppy mengambil mainan yang dilempar dan mengembalikannya pada Anda. Dengan mengembalikannya, puppy belajar untuk patuh. Selain itu, permainan ini dapat meningkatkan kerja jantung dan ketangkasannya.
     
  1. Puppy yang belum mengerti kata fetch bisa dilatih dengan bermain tug-of-war.
  2. Ketika bermain tug-of-war, ambil mainan itu dari mulutnya dan goyang – goyangkan agar menarik perhatiannya. Lemparkan mainan itu, tapi jangan terlalu jauh.
  3. Setelah puppy menggigit mainan itu, ajak bermain tug-of-war lagi. Lakukan berkali – kali dengan jarak lempar yang semakin lama semakin jauh hingga Puppy mengerti dengan konsep fetch.
  4.  Kalau Puppy sudah mengerti, bisa diajak bermain fetch dengan bola.Latihan Bersosialisasi

Pada dasarnya puppy bisa mempelajari cara bersosialisasi dari Anda dan anjing lain. Simak tips berikut :

Sosialisasi Dengan Owner

Cara yang menyenangkan untuk mengajarinya adalah melalui mainan favorit si puppy. Ketika sedang bermain, ambil mainannya dan berikan pada puppy lagi setelah beberapa menit. Dengan begitu, puppy memahami kalau Anda adalah pemimpinnya.

Sosialisasi Terhadap Anjing Lain

Ajak puppy bermain bersama anjing dewasa yang sudah memahami cara bersosialisasi. Sehingga anjing dewasa dapat mengkoreksi tingkah laku si puppy melalui suara geraman ataupun gigitan kecil. Si Puppy pasti akan mengerti bahwa setiap respon (negatif) dari anjing dewasa adalah bentuk koreksi untuknya.

Dan karena puppy mudah kehilangan fokus, maka Anda harus banyak bersabar untuk mengulang latihan. Jangan lupa untuk memberikan dia waktu istirahat.

Yuk bentuk pola pikir dan mental puppy dari awal agar dia tumbuh menjadi anjing yang well behaved.

         

Source: Karin – Owner JAAN / Animal Clinic Jakarta,  http://www.wikihow.com/Teach-Your-Dog-to-Sit, dan https://www.aspca.org/pet-care/virtual-pet-behaviorist/dog-behavior/teaching-your-dog-play-fetch