Berapa Takaran Makanan Ideal untuk Anjing Senior?

Anjing memiliki takaran makanan yang berbeda-beda seiring bertambahnya usia. Namun, terkadang PetLovers masih belum mengetahui berapa takaran makanan anjing terbaik untuk anjing senior. Agar lebih mengetahui, berikut ulasannya yang perlu kamu simak.


Daftar isi:

  1. Cara Memberi Makan Anjing yang Benar
  2. Pakai Dry Food
  3. Perhatikan Tipe Anjing
  4. Memberi Makan Anjing Berdasarkan Berat Badan

  1. Cara Memberi Makan Anjing yang Benar

Sebelum memberi takaran makanan yang pas ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu tips memberi makan untuk anjing kesayangan. Pertama adalah berilah makanan berkualitas yang dibutuhkan untuk asupan nutrisinya. Sebisa mungkin hindari makanan yang tidak diperlukan agar tidak membahayakan pencernaan anjing.

Baca: Tips memberi makan untuk anjing kesayangan

Kedua, jangan biarkan anjingmu makan terlalu cepat. Karena hal ini akan mengganggu sistem pencernaannya. Cara mengatasinya adalah, kamu bisa gunakan dog bowl yang bagian tengah dan pinggirannya sama tinggi. Ketiga, tetaplah konsisten saat memberi makan anjing kamu. Idealnya memberi makan anjing sebaiknya 1 sampai 2 kali sehari saja. Sementara untuk porsinya bisa disesuaikan dengan usia dan ukuran anjing.

  1. Pakai Dry Food

Sebenarnya, tidak ada patokan baku berapa banyak takaran makanan anjing terbaik yang ideal. Termasuk untuk anjing senior. Namun, anjing layaknya kita semakin bertambah usianya memiliki asupan nutrisi dan kalori yang berbeda. Kalau kamu memberi makan anjing dengan dry food cobalah untuk memberikan makanan berdasarkan takaran yang dianjurkan di kemasan Pro Plan.

Baca: Manfaat memberi makanan kering

Dry food untuk anjing biasanya menggunakan cups sebagai ukurannya. Dengan artian, satu cup memiliki ukuran sama dengan satu gelas air kurang lebih 250ml air. Atau ukurannya setara dengan satu gelas air mineral.

  1. Perhatikan Tipe Anjing

Agar semakin maksimal kamu perlu memperhatikan tipe dan berat badan anjing senior untuk memberinya takaran yang pas. Tipe anjing di sini ada dua, yakni anjing yang aktif dan anjing yang kurang aktif. Dalam artian anjing aktif adalah anjing yang banyak gerak dan suka bermain. Sedangkan anjing yang kurang aktif biasanya hanya menghabiskan waktu di dalam kandang. Contohnya bisa dilihat dalam tabel berikut ini:

Berat Anjing

Tipe Anjing

Takaran

Cup

10 Kilogram

Aktif

150 gram

1 ¼ Cup

10 Kilogram

Kurang Aktif

120 gram

1 Cup

Kebanyakan PetLovers memberi makanan anjing terbaik untuk anjing senior dua kali sehari. Hal ini unutk mempermudah dalam mencerna makanan dan mengontrol rasa lapar

  1. Memberi Makan Anjing Berdasarkan Berat Badan

Untuk memberi takaran yang pas untuk anjing senior, perlu kiranya kita untuk memperhatikan berat badannya. Menggunakan makanan kering atau makanan basah juga memiliki takaran yang berbeda. Agar lebih mudah untuk takaran makanan kering, PetLover bisa melihat pada tabel berikut ini:

Berat Badan

Porsi Per Hari

0 – 3 Kilogram

Sampai 125 gram

3 – 5 Kilogram

125 – 200 gram

5 – 9 Kilogram

200 – 350 gram

9 – 18 Kilogram

350 – 500 gram

18 – 27 Kilogram

500 – 700 gram

27 – 36 Kilogram

700 - 900 gram

36 Kilogram ke Atas

900 – 1.000 gram

Sedangkan untuk makanan basah sebagai berikut:

Berat Badan

Porsi Per Hari

0 – 3 Kilogram

125 – 200 gram

3 – 6 Kilogram

200 – 400 gram

6 – 15 Kilogram

400 – 600 gram

15– 22 Kilogram

600 – 800 gram

22– 34 Kilogram

800 – 1.000 gram

34 Kilogram ke atas

1.200 gram

 

Nah, itu dia PetLovers mengenai takaran makanan anjing senior. Jangan lupa untuk memberikan makanan anjing terbaik untuk anjing senior di rumah. PROPLAN Bright Mind memberikan nutrisi makanan terbaik yang kaya nutrisi bagi anjing senior. Karena mengandung ayam dan minyak botani untuk menjaga anjing tetap aktif dan waspada lebih lama.

Yuk belanja PRO PLAN secara online di Purina Official Store. Untuk lebih mudahnya PetLovers bisa klik link berikut: