Beda Jenis Bulu, Beda Pula Perawatannya! Cari Tahu Selengkapnya di Sini

PetLovers, memelihara seekor anjing atau bahkan lebih di rumah tentu jadi hal yang menyenangkan. Kamu tidak akan kesepian sebab anjing peliharaan di rumah bisa menemani segala aktivitasmu. Memiliki anjing dengan bulu halus, berkilau, sehat, dan terawat dengan baik ternyata tidak sulit. Agar tidak salah dalam perawatannya, sesuaikan dulu jenis perawatan anjing dengan kondisi bulu mereka. Penasaran seperti apa? Yuk cari tahu di sini.

Dachshund dan Bull Terrier

Kalau kamu cukup sulit mempelajari cara grooming anjing sendiri di rumah, Dachshund dan Bull Terrier anjing ras yang memiliki jenis bulu halus sehingga tidak membutuhkan grooming terlalu sering. Untuk perawatan bulunya, cukup memperhatikan cara memandikan anjing ini dengan benar yaitu menggunakan sampo khusus untuk anjing dan aplikasikan conditioner setelah keramas untuk menjaganya tetap lembut dan bersinar.

Oh ya, Dachshund dan Bull Terrier ini tidak membutuhkan hairdryer saat pengeringan, cukup gunakan handuk lembut hingga kering alami. Seperti yang sudah dikatakan tadi, dua jenis anjing ras ini tidak membutuhkan cara grooming yang rumit. Cukup disisir menggunakan sikat berbulu lembut untuk menyisir bulunya lapis demi lapis.

Shih Tzu

Anjing Shih Tzu memiliki bulu yang panjang dengan berbagai warna dan pola pada bulunya. Sangking panjangnya, bulu Shih Tzu bisa menutupi kedua telinganya. Tekstur jenis bulu anjing Shih Tzu yang lembut ini tentu membutuhkan perawatan ekstra. Sebelum menyisir, kamu bisa menyemprotkan air atau cairan khusus yang akan mengurangi kekusutan. Ingat, penyisiran bulu Shih Tzu harus dilakukan saat bulunya masih berada dalam keadaan lembap.

Maltese

Maltese merupakan salah satu ras anjing yang berasal dari pulau Mediterania. Tubuhnya yang mungil menggemaskan, membuat anjing Maltese banyak dipelihara para pecinta anjing. Jika kamu tertarik untuk memelihara Maltese di rumah, pastikan bahwa sudah memahami jenis bulu dan perawatan anjing Maltese dengan baik.

Mengingat warna bulu anjing maltese yang putih bersih, tentu kamu harus rajin membersihkan tubuhnya. Cara memandikan anjing Maltese adalah dengan menggunakan sampo serta melengkapi perawatan bulu anjing ini dengan conditioner agar tetap lembut dan mudah disisir. Keringkan dengan cara menepuk-nepukkan handuk secara lembut setiap habis mandi. Meski berasal dari negara bersuhu udara dingin, anjing Maltese tetap bisa tumbuh dengan baik di negara tropis.

Poodle dan Bichon Frise

Bisa dikatakan dua jenis anjing inilah yang paling banyak dipelihara oleh orang Indonesia. Baik Poodle dan Bichon Frise, seluruhnya memiliki jenis bulu keriting dan cenderung kering. Untuk itu, cara memandikan anjing jenis ini tidak boleh sembarangan. Selain menggunakan sampo, pastikan kamu juga menambahkan conditioner untuk mencegah kerontokan. Ada baiknya jika kamu rutin memotong ujung-ujung bulunya agar selalu terjaga.

PetLovers, untuk menjaga keindahan dan kesehatan bulu anjing yang lebih maksimal pastikan kamu sudah memperhatikan cara perawatan anjing sesuai dengan jenisnya, baik dari luar maupun dalam tubuh. Berikan asupan makanan yang sesuai sehingga mudah dicerna dan diserap dengan baik.

PRO PLAN Fussy and Beauty membantu menjaga anjing kesayanganmu jadi lebih sehat dan cantik. Dilengkapi dengan formula terkonsentrasi yang menggabungkan nutrisi utama dan antioksidan untuk meningkatkan pigmentasi alami rambut, makanan berukuran kecil dan mudah dikunyah ini juga mengandung Omega Fatty Acids untuk membuat bulu mereka jadi lebih berkilau.