Bagaimana Mengatasi Ketombe & Luka Pada Kulit Anjing?

Apakah ketombe bisa berpengaruh pada kerontokan bulu? Apakah luka pada kulit anjing menyebabkan masalah pada bulu juga? Kesehatan kulit, ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan bulu anjing kesayanganmu, PetLovers. Jika terjadi masalah ketombe atau terdapat luka, secara otomatis akan mempengaruhi kesehatan bulu mereka (cek penyebab kerontokan bulu pada anjing di sini). Lalu, bagaimana solusinya? Apa makanan anjing yang tepat untuk mengatasi masalah ini?

Sebelum membahasnya lebih lanjut, PetLovers sebaiknya membaca alasan penyebab ketombe & luka pada kulit anjing kesayangan. Apakah karena cara memandikan anjing yang salah, atau karena penyebab lainnya?

 

Penyebab Ketombe

Ketombe biasanya terjadi karena kondisi kulit yang terlalu kering. Akibatnya, ketika PetLovers menyentuh bagian kulit, akan muncul serpihan berwarna putih pada kulit anjing. Selain faktor tersebut, juga bisa disebabkan parasit, atau kulit anjing yang terlalu sensitif sehingga sering merasa gatal dan menggaruk-garuk badannya (baca jenis-jenis penyakit kulit pada anjing di sini). Kebiasaan ini akan memicu lahirnya ketombe.

 

Penyebab Luka

Berbeda dengan ketombe, penyebab luka cenderung lebih varatif. Berikut macam-macam luka yang biasa terjadi pada kulit anjing:

  1. Luka tertutup: sekilas luka ini tidak terlihat dari luar. Hanya saja, ketika disentuh anjing akan merasa kesakitan. Biasanya terjadi karena berbenturan dengan benda keras sehingga kulit anjing terlihat kebiru-biruan.
  2. Luka terbuka: bisa dalam bentuk goresan. Anjing mudah mengalami luka ini setelah bermain di luar (mungkin karena tertusuk duri, atau benda tajam lainnya).
  3. Luka terkoyak: berbeda dengan goresan, luka ini jauh lebih dalam. Kemungkinan terjadi karena anjing mendapatkan gigitan dari hewan lainnya.

Setelah membaca penyebab ketombe dan luka, berikut tips untuk mengatasi dua masalah tersebut:

 

Perawatan dari Luar

Jika banyak ketombe pada kulit anjing, apakah PetLovers sudah menerapkan cara memandikan anjing yang benar?

Grooming yang benar meliputi jadwal mandi yang rutin, cara pengeringan yang tepat, serta pemberian shampo yang memang khusus untuk ketombe.

Idealnya, anjing memang dimandikan sebulan atau dua minggu sekali. Untuk pengeringan bulu, tergantung jenis bulunya. Jika bulunya terlalu tipis sebaiknya tidak menggunakan hairdryer agar bulunya tidak rusak. Usahakan kulit anjing benar-benar kering setelah memandikan agar tidak terjadi masalah kulit. Untuk shampo, berikan shampo yang mengandung bahan oatmeal karena memang dipercaya untuk menghilangkan ketombe pada kulit anjing.

Lalu bagaimana untuk anjing yang terkena luka?

  1. Cek jenis lukanya. Untuk luka terkoyak, jika memang sudah terlalu parah, sebaiknya dibawa ke dokter hewan terdekat.
  2. Gunakan antiseptik. Kenapa harus antiseptik? Karen cairan ini berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi & membuat luka cepat kering.
  3. Hindari membersihkan luka dengan alkohol, karena berpotensi merusak jaringan anjing kesayangan. Sebaiknya gunakan air hangat, karena berfungsi mengurangi kontaminasi bakteri serta melebarkan pembuluh darah sehingga mempercepat proses kesembuhan luka.

 

Perawatan dari Dalam

Nah, ini yang lebih penting, PetLovers. Perawatan dari luar saja tidak cukup jika tidak di-support dengan pemberian nutrisi yang tepat. Sekali lagi, dog food terbaik sangat membantu PetLovers untuk mengatasi dua masalah ini (bingung menentukan jenis makanan untuk anjing? Cek tipsnya di sini).

Agar anjing PetLovers terhindar dari ketombe & untuk mendukung proses penyembuhan luka, kini PRO PLAN telah mengeluarkan produk terbaru, PRO PLAN Sensitive Skin & Coat. Apa yang membuat produk ini bagus untuk kulit & bulu anjing?

  1. Asam lemak esensial, yang berfungsi menguatkan penghalang kulit serta menjaga imunitas kulit agar tetap sehat.
  2. Zat besi, saat anjing terkena luka, zat besi punya peran penting untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka tersebut.
  3. Protein berkualitas dengan bahan salmon asli, untuk perawatan & perbaikan kulit serta membuat bulu anjing terlihat lebih berkilau.

So, agar kulit & bulu anjing tetap terjaga, selain cara memandikan anjing yang benar, juga harus diperhatikan konsumsi makanannya (cek di sini untuk tips memberi makan anjing). Selalu berikan nutrisi terbaik untuk mendukung kesehatan anjing kesayangan ya, PetLovers.