Bagaimana Menerapkan Toilet Training untuk Anjing Kesayangan?

Apakah PetLovers pernah mengeluh saat anjing kesayangan suka pup sembarangan? Selain rumah jadi kotor, kebiasaan tidak ini juga tidak sehat bagi PetLovers mau pun anjing sendiri. Yuk berikan toilet training agar anjing kesayangan tidak pup sembarangan. Simak 5 tips berikut ya, PetLovers.

1.Memilih Tempat Pup

Pilihlah lokasi yang belum pernah digunakan oleh anjing lainnya. Anjing mempunyai indra penciuman yang sangat sensitif. Mereka pasti tidak mau pup di tempat yang sebelumnya sudah digunakan oleh anjing lainnya.

2.Tentukan Kata Perintah

Anjing akan menuruti perintah saat dia sudah mengenali kata perintah yang diucapkan pemiliknya. Coba gunakan kata “pergi” sambil mengarahkan jari telunjuk ke toilet yang sudah PetLovers tentukan. Setelah itu, usahakan konsisten menggunakan kata tersebut.

3.Menjadikan Rutinitas

Kedisiplinan anjing tergantung pada kegigihan PetLovers dalam memberikan latihan. Porsi paling tepat untuk toilet training adalah dua kali sehari. Sebelum & setelah bangun tidur, ajak dia keluar rumah. Perintahkan untuk pergi ke lokasi toilet yang ditentukan.

Latihan ini berlaku  untuk anjing puppy & adult saja. Bagi anjing senior (usia 7 tahun ke atas), biasanya mereka tidak butuh ke toilet sebelum tidur. 

4.Bagaimana Jika Tidak Menurut?

Jika anjing kesayangan tidak menuruti perintah PetLovers, coba bawa masuk ke dalam rumah. Berikan tatapan kepada anjing kesayangan seolah menunjukkan PetLovers marah.

Untuk melatih toilet training pada tahapan awal, PetLovers harus bekerja ekstra keras. Yuk latih kedisiplinan sebagai wujud kecintaan PetLovers terhadap anjing kesayangan.

Sumber: www.bluecross.org.uk