Agar Anjing Tidak Sakit Setelah Diajak Bepergian

Merawat anjing tidak hanya semata-mata dengan rajin memberinya makanan. PetLovers juga perlu memerhatikan kebersihan serta kesehatan psikisnya. Menjaga kebersihan anjing bisa dilakukan dengan rutin memandikannya atau membawanya grooming di salon khusus untuk hewan peliharaan. Namun bagaimana dengan kesehatan psikisnya?

Baca: Tips Agar Anjing Tidak Stres

Jangan salah, anjing juga punya potensi terserang stres seperti manusia. Hal ini bisa terjadi karena faktor eksternal dari lingkungan di sekitarnya. Untuk mencegah ini, kamu bisa meluangkan lebih banyak waktu untuk anjing kesayangan dengan bepergian. Supaya anjing tidak semakin sakit setelah bepergian, berikut tipsnya.

Sebelum bepergian ajak anjing ke dokter hewan

Mengunjungi dokter hewan sebelum anjing diajak bepergian merupakan sebuah keharusan. Dengan berkunjung ke dokter hewan kamu bisa memberikan proteksi tambahan bagi anjing sebelum bepergian. Terlebih jika sebelum diajak bepergian anjing menunjukkan tanda-tanda terserang stres (seperti gelisah atau perubahan sikap).

Baca: Tips Berwisata dengan Hewan Kesayangan

Bawalah anjing ke dokter hewan beberapa minggu sebelum kamu bepergian. Jika destinasi yang dituju jauh, sebaiknya kunjungi dokter hewan beberapa bulan sebelum tanggal keberangkatan. Dokter biasanya akan memberikan suplemen tambahan supaya anjing tetap prima. Ada baiknya juga membawa anjing ke salon untuk grooming supaya pergerakannya lebih bebas.

Waspadai kemungkinan mabuk perjalanan

Selain punya potensi terkena stres, anjing juga berpotensi terserang mabuk perjalanan sama seperti manusia. Mabuk perjalanan pada anjing dipicu rasa kaget pada tubuh anjing terhadap guncangan kendaraan. Biasanya anjing akan terlihat gelisah hingga diare saat mabuk perjalanan.

Untuk mengatasi hal ini, saat kamu mengunjungi dokter hewan sebaiknya mintalah obat untuk menangkal mabuk perjalanan. Sesaat sebelum bepergian, kamu juga bisa memberikan suplemen berserat pada anjing untuk mencegah diare karena mabuk perjalanan. Jangan lupa membawa handuk dan alat pembersih untuk berjaga-jaga.

Ajak anjing berjalan-jalan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa merawat anjing tidak boleh dilakukan sembarangan. Kamu tidak bisa merawat anjing hanya dengan memberi makan dan minum saja. Anjing juga butuh kasih sayang dan perhatian. Bentuk perhatian pada anjing bisa dilakukan dengan mengajak anjing berjalan-jalan atau bermain.

Ajak anjing berjalan-jalan di lingkungan sekitar rumahmu. Selain anjing menjadi senang, kamu juga jadi lebih bugar. Ternyata, cara ini juga bisa dilakukan untuk mencegah anjing sakit setelah diajak bepergian. Daripada mengurung anjing di dalam ruangan, ajaklah bermain di luar ruangan. Saat anjing terus bergerak, risiko sakit pun akan semakin rendah.

Rutin memberi minum anjing

Jika kamu bepergian ke lokasi yang punya temperatur udara tinggi atau beriklim panas, poin ini harus dilakukan. Sering-seringlah memberi minum anjing karena mereka lebih rentan terserang heatstroke jika dibandingkan dengan manusia. Sebaiknya saat membeli atau membawa minuman sendiri, sediakanlah juga untuk hewan kesayanganmu.

Hal ini untuk mencegah anjing meminum air yang mengandung bakteri berbahaya. Hindarilah air yang berwarna dan memiliki bau tak sedap. Air seperti ini pada umumnya punya kandungan bakteri berbahaya yang bisa membahayakan pencernaan anjing. Bawalah wadah khusus untuk dijadikan tempat minum anjing selama bepergian.

Bawalah makanan anjing sendiri

Poin terakhir ini tidak boleh kamu abaikan. Daripada memberi makan anjing makanan yang tidak jelas kandungannya, bawalah makanan anjing sendiri. Selain itu, jika kamu memberikan makanan yang berbeda saat bepergian bisa jadi anjing akan kehilangan selera dan berakhir tidak mau makan.

Baca: Cara Menjaga Nafsu Makan Anjing

Bawalah makanan anjing dalam kemasan yang kedap udara. Kamu juga sebaiknya menghindari makanan bertipe basah yang mengandung lemak tinggi. Selain bisa membuat anjing merasa mual, dog food basah juga mudah bocor. Pilihlah Pro Plan Dog Food Adult untuk anjing dewasa dan Pro Plan Puppy untuk anjing kecil kamu.

Untuk memudahkan PetLovers, sekarang kamu bisa membeli Pro Plan secara online di Purina Official Store yang tersedia di e-commerce berikut: