6 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Mengadopsi

6 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Mengadopsi

Salah satu cara untuk membantu tempat penampungan hewan (shelter) adalah mengadopsi anjing atau kucing, namun sebelum mengadopsi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

1. Butuh Komitmen Dari Anda & Keluarga

Coba dipikirkan siapa yang akan mengajak hewan peliharaan  berjalan -jalan, bermain, memberi makan, atau membawanya ke dokter hewan. Apakah Anda sudah siap berkomitmen?

2.  Lakukan Survei di lingkungan  sekitar Anda

Sebaiknya Anda mulai memperhatikan lingkungan di sekitar rumah Anda. Apakah ada taman untuk membawa hewan peliharaan berjalan-jalan? Lokasi dokter hewan yang terdekat? Dan yang terpenting, apakah tetangga Anda juga menyukai hewan peliharaan?


3.  Perhatikan tingkat aktifitas anjing

Jenis anjing yang aktif, seperti Siberian Husky, German Shepherd, Akita, Border Collie, Australian Shepherd memerlukan aktifitas di luar rumah,  jika Anda merupakan tipe orang yang kurang suka  dengan aktifitas di luar rumah, sebaiknya memilih anjing yang aktifitasnya tidak terlalu tinggi dan lebih suka tinggal di dalam rumah. Misalnya anjing jenis Maltese atau Chihuahua.

 

4.  Jenis anjing (breed) bukanlah penentu utama

Sering kali calon adopter hanya ingin mengadopsi jenis breed tertentu. Faktanya anjing/kucing mix breed memiliki tingkat kesetiaan dan kepintaran yang sama dengan pure breed. Yang perlu Anda perhatikan adalah ukuran hewan yang sesuai dengan rumah Anda dan juga kebutuhan nutrisi yang mereka perlukan.


5. Jangan membuat perbedaan antara anjing dan kucing senior

Anjing/kucing senior membutuhkan kasih sayang sama seperti anak anjing/kucing. Hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengadopsi anjing/kucing senior adalah mereka membutuhkan perhatian ekstra di kesehatannya.


6. Membuat keputusan secara bijaksana

Ketika datang ke tempat penampungan hewan (shelter),  jangan biarkan emosi mengontrol otak Anda. Kondisi yang emosional akan berujung kepada keputusan yang kurang tepat. Tenangkan diri Anda dan coba pikirkan baik-baik apakah hewan pilihan Anda sesuai dengan Anda, serta keluarga dan lingkungan.
 

Apakah anda sudah siap untuk mengadopsi anjing/kucing? Jika ya, segera datangi shelter terdekat

 

Sumber :
http://www.cesarsway.com/dog-rescue/adoption-tips/Before-you-adopt

http://health.liputan6.com/read/2025970/5-syarat-sebelum-anda-adopsi-anjing