6 Fakta Animal Shelter yang wajib Anda ketahui sebagai pecinta Anjing dan Kucing

6 Fakta Animal Shelter yang wajib Anda ketahui sebagai pecinta Anjing dan Kucing

Keberadaan Animal Shelter (tempat penampungan hewan) mungkin masih kurang mendapat perhatian  dari sebagian masyarakat, tapi Animal Shelter memiliki misi yang mulia untuk menolong anjing dan kucing yang terlantar atau dibuang pemiliknya. Kita dapat ikut membantu mereka dengan mengadopsi satu atau lebih dari hewan-hewan yang ada di Animal Shelter.

 

Berikut 6 fakta menarik yang perlu kita ketahui mengenai Animal Shelter!

 

  1. Memiliki Misi  Mulia

Bagaimana nasib hewan yang terlantar tanpa perlindungan hukum? Ini salah satu misi besar yang ingin dicapai oleh para aktivis shelter, yaitu untuk menyelamatkan hidup hewan yang terlantar/dibuang agar nantinya dapat dirawat dengan lebih baik oleh Anda atau masyarakat sekitar.

 

  1. Aktivis Shelter, Lebih Dari Pencinta Binatang

Menyukai binatang saja itu tidak cukup. Komitmen, kerja keras serta biaya yang tidak sedikit diperlukan  untuk mendukung misi aktivis shelter dalam  menyelamatkan hewan. Tidak jarang biaya tersebut dikeluarkan dari dana pribadi aktivis shelter itu sendiri karena rasa sayang dan kepedulian yang tinggi untuk hewan terlantar.

 

  1. Mengontrol Over-population

Semakin banyak anjing dan kucing liar yang berkembang biak, semakin banyak dari mereka yang terlantar atau dibuang di jalanan. Di shelter, para binatang yang diselamatkan akan segera disterilisasi. Hal ini dilakukan agar dapat mengontrol  over-population pada hewan liar.

 

  1. Bantuan Yang Ada Masih Minim

Bantuan yang biasanya didapatkan oleh shelter adalah  potongan harga dari dokter hewan atau potongan harga makanan hewan dari produsen makanan hewan. Anda sebagai seorang individu, juga bisa membantu mereka yaitu dengan memberikan donasi (dapat berupa uang/barang/obat), menjadi volunteer dalam penyelamatan  hewan,  orangtua asuh untuk hewan terlantar, atau bahkan adopter salah satu hewan di shelter. Semuanya akan sangat berarti, Pet Lovers!
 

  1. Penyelamatan Hewan Yang Profesional

Shelter memiliki prosedur untuk mengecek kondisi kesehatan hewan yang ditemukan. Jika tidak ditemukan  masalah kesehatan, hewan akan segera diberikan vaksin & disterilisasi. Akan tetapi, jika kondisi hewan yang ditemukan membutuhkan penanganan operasi maka operasi akan segera dilakukan. Setelah hewan sudah pulih dari operasi, tindakan vaksin dan sterilisasi akan diberikan sehingga mereka siap untuk diadopsi.

 

  1. Siapapun Dapat Mengadopsi, Tentunya Dengan Kondisi Tertentu

Semua orang dapat mengadopsi hewan di shelter asal memiliki komitmen yang kuat.
Ada tahapan proses yang akan dilalui sebelum Anda bisa mengadopsi hewan dari shelter. Calon adopter harus mengikuti interview dan aktivis shelter juga akan melakukan survey ke calon adopter. Setelah adopter mengadopsi hewan dari shelter, tim shelter akan sesekali mengecek keadaan hewan yang diadopsi.

Dedikasi yang tinggi dari para aktivis shelter dapat menjadi contoh untuk kita semua sebagai penyayang anjing dan kucing agar dapat ikut membantu penyelamatan hewan yang terlantar atau dibuang. Apakah yang pernah Anda lakukandalam mengambil bagian untuk mengubah nasib hewan yang terlantar? Bagikan ceritamu di kolom komentar ya, Pet lovers!

 

(Narasumber: Dr. Susana, owner Pejaten Shelter)