5 Tips Menangani Masalah Pencernaan pada Anjing

Sama seperti manusia, anjing kesayangan PetLovers juga bisa mengalami masalah pencernaan. Beberapa masalah pencernaan yang cukup sering terjadi adalah diare, kembung, muntah, dan kehilangan nafsu makan. Tentu saja, jika masalah ini menyerang anjing PetLovers, kamu harus segera menanganinya terutama bila terdapat tanda-tanda masalah pencernaan yang cukup membahayakan. Berikut informasi lengkapnya!

Periksa kotorannya

Ketika mengalami masalah pencernaan, biasanya anjingmu akan mengalami diare dan muntah-muntah (cek di sini untuk mengetahui tips mengatasi anjing muntah). Perhatikan apakah terdapat darah atau gumpalan berwarna gelap yang terlihat seperti darah pada muntahan atau kotorannya. Segera hubungi dokter hewan terutama bila anjingmu muntah secara tidak terkendali atau muntah tanpa mengeluarkan apapun. Kondisi ini bisa jadi membahayakan karena anjingmu berkemungkinan mengalami gejala pembengkakan.

Ingat kembali penyakit yang diderita anjingmu

Masalah pencernaan bisa jadi merupakan efek samping dari penyakit kronis yang diderita oleh anjingmu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menanyakan kepada dokter hewan, apakah masalah pencernaan tersebut merupakan salah satu gejala penyakit yang dideritanya. Jika iya, PetLovers dapat membuat sebuah rencana pengobatan jauh-jauh hari dan menentukan makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi agar terhindar dari masalah pencernaan seperti ini.

Segera bawa anjingmu ke dokter hewan

Apabila kamu tidak mengetahui dengan pasti mengenai penyebab masalah pencernaan yang dialami anjingmu, maka cara terbaik untuk menanganinya adalah berkonsultasi dengan dokter hewan (klik link untuk konsultasi dengan dokter ahli PRO PLAN). Anjing yang kurang berenergi, tidak nafsu makan, sering muntah, dan kotorannya berdasar sangat mungkin menderita infeksi yang parah. Kondisi ini tentu membutuhkan bantuan petugas medis profesional sehingga sebaiknya kamu membawanya ke dokter hewan.

Kemungkinan anjingmu memiliki sensitivitas makanan

Masalah pencernaan yang dialami oleh anjing kesayanganmu bisa jadi disebabkan oleh sensitivas makanan, PetLovers. Apabila kamu tidak yakin mengenai kondisi ini, kamu bisa menghentikan sementara pemberian makanan yang berpotensi menyebabkan sensitivitas ini. Gantilah makanan anjingmu dengan makanan baru yang belum pernah ia konsumsi sebelumnya. Secara perlahan, kamu bisa kembali memberinya makanan yang biasa ia konsumsi untuk melihat apakah masalah pencernaan tersebut memang disebabkan oleh jenis makanan tertentu.

Berikan pertolongan sederhana

Jika anjingmu mengalami masalah pencernaan berupa gangguan lambung ringan, kamu bisa memberikan pertolongan sederhana agar kondisinya tidak berkembang semakin parah. Biarkan anjingmu untuk berpuasa jika tubuhnya masih menolak makanan. Jika kamu memaksanya untuk makan dan minum, kontraksi yang terjadi terus menerus hanya akan semakin menyiksanya. Untuk menjaga anjingmu tetep terhidrasi, kamu bisa memberinya semacam oralit sebagai antisipasi.

 

Masalah pencernaan pada anjing sebenarnya memang tak terlalu berbahaya, namun terus waspada dan memberikan perawatan ekstra tentu tidak ada salahnya. Jangan lupa berikan pula anjingmu makanan yang enak dan bergizi dari PRO PLAN (klik link untuk belanja PRO PLAN secara online) agar ia sehat kembali. Semoga beberapa tips di atas bisa bermanfaat dalam membantu kamu menangani masalah pencernaan pada anjing, ya!