5 Tips Melatih Anak Anjing Agar Tidak Buang Air Sembarangan

Salah satu masalah yang pertama kali timbul saat baru memiliki anak anjing ialah bagaimana melatih agar anak anjing buang air pada tempat pup anjing yang telah PetLovers tentukan.

PetLovers tentu tidak ingin hewan kesayangan buang air sembarangan sehingga mengotori rumah, bukan? Simak beberapa tips cara melatih anak anjing buang air secara tertib sehingga membuat hunian PetLovers tetap nyaman.

Pahami anak anjing sesuai rasnya

Hal pertama dalam cara melatih anak anjing buang air adalah pahami puppy milik PetLovers. Pada umumnya, jenis anak anjing small breed (ukuran kecil) seperti Chihuahua memiliki kantung kemih yang lebih kecil sehingga mereka akan cenderung pipis lebih sering.

Sebaliknya, anak anjing dari ras anjing besar memiliki ukuran kantung kemih yang lebih besar. Meskipun begitu, bukan berarti anak anjing dari ras anjing besar tidak akan mengalami ‘kecelakaan’ dalam hal buang air sembarangan.  Amati perilaku mereka sehari-hari untuk dapat memulai latihan buang air tertib.

Perhatikan tanda-tanda hasrat buang air

Dalam cara melatih anak anjing buang air, penting bagi PetLovers untuk memahami tanda-tanda ketika anak anjing. Tanda-tanda tersebut di antaranya adalah menggaruk, mengendus, dan berputar-putar. Awasi juga ketika anak anjing mulai menggonggong atau menyalak. Saat PetLovers mendapati anak anjing melakukan hal-hal tersebut, bawa anak anjing keluar rumah.

Pilih area yang tidak terlalu jauh dari rumah seperti misalnya halaman. Saat anak anjing mulai mengingat tempat itu, ia akan selalu mengasosiasikannya dengan tempat untuk buang air.

Berikan peringatan jika tidak menurut

Tidak selamanya latihan buang air berjalan lancar. Ada kalanya anak anjing kedapatan buang air sembarangan di dalam rumah. Dalam kondisi seperti ini, PetLovers bisa memberikan peringatan dengan menggunakan kata-kata tertentu secara tegas dan konsisten seperti ‘jangan’ atau ‘tidak boleh’ kepada anak anjing sebagai cara melatihnya.

Pada saat itu juga, ajak anak anjing untuk keluar rumah agar ia mengerti bahwa hal yang dilakukannya adalah salah & tidak mengulangi buang air di dalam rumah.

Berikan pujian

Selalu berikan apresiasi saat ia berhasil buang air pada tempatnya. Sebagai cara melatih anak anjing kamu juga bisa menggunakan intonasi yang ramah dan ceria sehingga anak anjing memahami bahwa hal tersebut dapat menyenangkan hati PetLovers.

Berikan juga sedikit makanan agar anak anjing mengasosiasikan hal tersebut dengan positif. PRO PLAN Medium Puppy with OPTISTART merupakan jenis makanan anjing yang dikhususkan untuk tumbuh kembang anak anjing berukuran medium.

Kandungan kolostrum di dalamnya memperkuat daya tahan tubuh anak anjing dan mencegah problem usus. PetLovers dapat memberikan sedikit porsi PRO PLAN Medium Puppy with OPTISTART sebagai hadiah dalam latihan buang air ini.

Segera bersihkan area ‘kecelakaan’

Saat anjing PetLovers buang air sembarangan, segera bersihkan titik tersebut agar baunya tidak menempel terlalu lama sehingga dapat membuat anak anjing kembali buang air di sana. PetLovers dapat menaburkan sedikit baking soda pada titik tersebut untuk menetralkan bau yang ditimbulkan.

Demikian beberapa 5 hal dasar melatih anak anjing namun penting untuk memulai latihan buang air bagi anak anjing PetLovers. Usahakan agar selalu konsisten melatih anak anjing buang air pada satu titik yang sama agar mereka dapat memahaminya sebagai tempat yang benar untuk buang air.

Lakukan latihan ini setiap pagi hari dan setiap setelah makan. Jangan menyerah saat anak anjing masih tetap buang air sembarangan, serta selalu bersihkan area ‘kecelakaannya’. Semoga sukses!