5 Cara Mengenali Penyakit Stroke Pada Anjing Senior

Seiring bertambahnya usia anjing peliharaan, maka semakin besar pula kemungkinan penyakit anjing yang akan diderita. Salah satunya adalah penyakit stroke, penyakit ini umum terjadi pada anjing senior dan memiliki kondisi kesehatan sebelumnya seperti darah tinggi, cacing jantung, dan penyakit anjing senior lainnya. Namun, tak perlu khawatir kamu bisa mengenali gejala penyakit stroke sejak dini pada anjing senior seperti di bawah ini.

Baca: Cara merawat anjing dan kucing senior

Terjadi Penggumpalan Darah dan Lemak

Hampir sebagian besar stroke disebabkan oleh gumpalan darah. Gumpalan darah ini dapat menyumbat dan mengganggu pembuluh darah. Selain darah faktor penyebab lainnya adalah adanya gumpalan timbunan lemak yang terlepas. Lemak yang terlepas tersebut pada akhirnya dapat mengarah dan tersebar ke jaringan otak. Hal ini biasanya sebagai tanda-tanda awal penyakit anjing senior paling banyak terjadi.

Jika ini sampai terjadi, aliran darah menjadi tidak lancar dan bisa menyebabkan penyumbatan pada otak. Gejala ini dapat terjadi secara cepat dan mendadak. Apabila tidak segera tertangani maka akan menyebabkan kematian pada anjing peliharaan.

Kelemahan hingga Tingkat Ekstrem pada Anjing

Jika gumpalan darah dan timbunan lemak ini menjalar, akan menyebabkan anjing menjadi lemah dalam tingkat ekstrem. Hal ini dikarenakan urat saraf menjadi tidak berfungsi sehingga tidak memberi informasi pada kaki untuk berdiri dan menunjang anjing. Meski sebenarnya anjing mampu untuk menunjang tubuh, namun mereka tidak dapat menerima pesan dari urat saraf.

Tidak tersampaikannya pesan dengan tepat dan sempurna pada akhirnya akan menyebabkan disinformasi dalam jaringan. Inilah mengapa anjing merasa sangat lemah, beda halnya dengan anjing yang sedang kelelahan atau kecapekan. Penyakit anjing ini akan membuat mereka kesulitan untuk berdiri.

Pergerakan Mata dengan Cepat

Ciri lain yang bisa kamu kenali sat anjing terkena stroke adalah pergerakan mata dari satu sisi ke sisi lainnya dengan cepat. Dalam istilah teknis kedokteran hewan, pergerakan ini disebut dengan nistagmus. Hal ini bisa dilihat dari pergerakan mata layaknya seseorang sedang menonton pertandingan tenis.

Para ahli kedokteran hewan menilai jika nistagmus ini adalah indikator penyakit anjing stroke pada anjing senior. Nistagmus tidak hanya sebagai penanda gejala stroke saja, para ahli juga menyimpulkan jika gejala ini sebagai gejala meningitis. Gejala nistagmus dapat menyebabkan hewan menjadi pusing dan mual melihat kondisi sekitarnya. Maka dari itu, jika anjing mengalami gejala ini terkadang dibarengi dengan gejala muntah-muntah dan kehilangan nafsu makannya.

Baca: Cara menjaga nafsu makan anjing dewasa

Terjadi Gangguan Kesadaran

Anjing yang terkena gejala stroke juga akan mengalami gangguan kesadaran. Hal ini ditandai dengan gejala kejang-kejang atau yang biasa juga disebut dengan sawan. Sementara jika anjing mengalami stroke berat bukan tidak mungkin dia akan kehilangan kesadaanya secara total.

Gangguan hingga hilangnya kesadaran ini berarti anjing tidak menyadari apa yang terjadi di sekitarnya. Anjing juga tidak dapat merespon rangsangan-rangsangan yang diberikan oleh pemiliknya. Jika anjing mengalami hal seperti ini maka sebaiknya, kamu segera berikan pertolongan pertama dan membawanya ke dokter hewan.

Hilangnya Keseimbangan Secara Tiba-tiba

Selain kesadaran, anjing yang tekena stroke akan memiliki kehilangan mempertahankan kesimbangan tubuhnya. Hilangnya keseimbangan ini awalnya ditandai dengan hal normal dan anjing masih dapat berdiri sebagaimana biasanya. Namun, setelah itu mereka akan menjadi kesulitan berdiri karena gejala pusing.

Gejala ini akan memperlambat sistem syaraf hingga anjing berjalan seperti layaknya orang mabuk. Dalam tingkatan terparah, anjing tidak dapat berdiri dan hanya bisa terbaring bahkan kemungkinan terburuk akan terjadi kelumpuhan hingga tak sadarkan diri. Maka dari itu, untuk menghindarkan anjing dari gejala stroke, PetLovers perlu memberinya asupan gizi dan nutrisi yang cuku. Terutama pada anjing senior salah satunya dengan memberinya produk dari PROPLAN Brightmind Medium and Large Adult 7+.

Itu dia lima cara mudah mengenali stroke sejak dini atau yang kerap disebut sebagai salah sau penyakit anjing senior paling banyak terjadi. Semoga bermanfaat!

Tahukah kamu? Sekarang PetLovers bisa membeli Pro Plan secara online di Purina Official Store yang tersedia di e-commerce berikut: