4 Hal yang Biasanya Dialami oleh Anjing Saat Masuk Usia Senior

Tahukah kamu kalau umur anjing sangat berbeda dengan umur manusia? Misalnya 2 tahun umur anjing sama dengan 25 tahun umur manusia. Jadi, PetLovers harus membedakan antara umur anjing dengan umur manusia karena treatment dan cara merawat anjing ini akan berbeda-beda (cek di sini untuk tips perawatan anjing senior). Tidak hanya itu, perbedaan jenis anjing pun juga bisa mempengaruhi umur. Contohnya, anjing yang lebih besar cenderung mempunyai umur lebih lama.

Nah, di dalam artikel kali ini akan dibahas apa saja hal yang biasanya dialami oleh anjing saat masuk ke dalam usia senior, termasuk bagaimana cara memilih makanan anjing dewasa.

Anjing yang bisa dikatakan memasuki usia senior biasanya berkisar 7 tahun ke atas.

Yuk, simak hal apa saja yang dilakukan anjing ketika masuk di usia senior karena ini akan sangat berpengaruh dengan cara merawat anjing dewasa.

  1. Anjing akan lebih sering buang air kecil

Hal pertama yang sangat berbeda ketika anjing memasuki usia senior adalah mereka akan lebih sering buang air kecil. Ini adalah hal yang sangat wajar karena anjing berusia senior akan mengalami perubahan fungsi dari ginjal. Selain itu, anjing juga akan mulai merasakan penyakit diabetes sehingga dirinya tidak bisa mengontrol saat dirinya ingin buang air kecil.

Sebagai pemilik hewan peliharaan, PetLovers harus mengetahui cara merawat anjing ketika mengetahui hewan peliharaannya sering buang air kecil. PetLovers harus sering membiasakan anjing untuk buang air kecil di luar rumah ataupun di kandang (bagaimana menerapkan toilet training untuk anjing? Cek tipsnya di sini).

  1. Perubahan besar dalam pola makan

Anjing yang sudah senior akan mengalami perubahan pada gigi, jadi ini akan sangat berpengaruh terhadap pola makan. Anjing mudah mengalami masalah pada gigi dan juga gusi. Ini memang sangat wajar karena di saat umur anjing memasuki 10 tahun, giginya akan mulai aus dan karang gigi akan bermunculan. Jadi, kamu harus mengetahui cara merawat anjing dewasa yang mengalami permasalahan pada pola makan. PetLovers bisa memilih makanan yang lebih empuk dan aman untuk gigi.

  1. Kulit menjadi lebih tebal dan bulu mulai rontok

Hal selanjutnya yang biasanya dialami oleh anjing senior adalah kulit akan menjadi lebih tebal dan efeknya bulu sedikit demi sedikit akan semakin rontok. Sebenarnya kulit anjing yang menebal ini merupakan hal pencegahan karena bulunya semakin sedikit. Walaupun terlihat seperti menakutkan, ini adalah hal yang wajar. Hal yang harus kamu lakukan adalah terus melakukan perawatan terhadap kulit anjing, mulai dari memandikan anjing minimal 1 bulan sekali untuk anjing yang berbulu tebal dan 2-3 bulan sekali untuk anjing yang mempunyai jenis kulit dan bulu biasa.

  1. Aktivitas fisik sangat menurun

Selanjutnya yang sangat kentara adalah aktivitas fisik anjing yang bakal sangat menurun. Biasanya jika di pagi hari anjing akan berlari-lari, maka di umur 10 tahun aktivitas tersebut akan jauh menurun dibandingkan ketika masih muda. Ini akan sangat berpengaruh terhadap cara merawat anjing. Jika dulu PetLovers selalu mengajak bermain anjing di pagi dan sore hari, maka sekarang bisa diubah menjadi hanya pagi atau sore hari.

Untuk menjaga stamina dan fisik anjing, kamu bisa memberikan kebutuhan makanan anjing PRO PLAN® Brightmind Small and Mini Adult 7+ untuk anjing usia dewasa atau 7 tahun ke atas. Dengan kandungan MCT Oil, vitamin, dan mineral, makanan anjing dewasa ini akan menjaga immune tubuh, kesehatan gigi, dan stamina.

Itulah beberapa hal yang sangat berbeda ketika anjing peliharaan kamu sudah memasuki usia senior. Jadi sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana solusi memelihara anjing dengan umur dewasa, dan kamu harus menyesuaikan umur cara merawat anjing dewasa.