Dengan ASK THE EXPERT

konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan

Kucing diare

Hallo dok, jadi saya punya anak kucing umur 4 bulan yang 2 minggu lalu abis sakit diare sekitar 3-4 hari hingga lemas dan kurus karna tidak nafsu makan, lalu diberi obat cair untuk diare dan sembuh. Setelahnya nafsu makan sudah mulai meningkat dan aktif serta tidak kurus lagi. Tapi kemarin ternyata diare kembali namun nafsu makan masih tinggi. Kira-kira itu disebabkan oleh apa dan bagaimana menanganinya dok? Terimakasih sebelumnya

PAYUDARA KUCING SAYA LUKA APA ITU KANKER?

Kucing saya habis melahirkan, usia anaknya baru 2 minggu. Tiga hari belakangan dia nggak mau nyusuin anaknya, lalu saya cek ternyata ada luka di puting nya kayak dan ada yg ngelupas juga jaringan kulitnya. Terus puting nya itu agak masuk kedalem. Sebenernya itu kenapa ya dok? 

Apa memang seperti itu kucing jika habis melahirkan? 

Kitten susah bernapas

kucing saya baru umur 4 hari, sejak tadi malam sering mengeong keras dan jarang terlihat perutnya bergerak bernapas. Kira-kira kenapa ya? Dan bagaimana pertolongan pertamanya dok? Menyusu pun nggak mau

Tanya dokter

Dok, kucing saya usia 5bulan. Dia punya menjolan di dalem kulit dikaki bawah sebelah kanan, baru ketahuan 5 hari kmrin dari teman saya dan hari ini saya baru mengetahuinya dikiranya perut awalnya tapi pas saya teliti lagi bukan. Tapi kucing saya ketika benjolannya di pegang tidak merasakan sakit apa2 malah biasa aja lincah lari2 main sana sini. Cma kmrin seminggu yang lalu dia kencing darah dan itu cma sehari doang dan normal lagi. Kenapa ya dok kira2? 

anak kucing saya perutnya buncit

saya rescue seekor anak kucing tanpa induk. sudah berjalan hampir seminggu. mulanya saya memberi dia daging ayam dan ikan sebagai makanannya tapi sudah beberapa hari ini saya mix dengan wet food.

awalnya kucing saya ini perutnya tidak buncit tapi beberapa hari ini perutnya buncit. dia juga pernah muntah sekali.

saya agak ragu apakah dia ini kekenyangan dan kebanyakan makan, tidak cocok dengan pakannya, cacingan, atau ada masalah lain.

mohon di bantu expert 🙏

Kucing Muntah Busa

Halo dok. Kucing saya kemaren muntah busa warna putih dan dia gak lemes dok. Masih aktif dan masih makan tapi nafsu makannya agak berkurang sedikit, dan mencret. Kenapa tuh ya dok? Apa karena minyak ikan ya dok? Karena sebelumnya saya kasih minyak ikan.

Atau karena bulu? Karena dia suka banget jilatin badannya, tapi di muntahannya itu gak ada bulu, cuma busa aja warna putih. Dan sebelum muntah dia melet melet gitu.

Terima kasih dok.

Kucing pendarahan dibagian kemaluan

Permisi dok, saya ingin bertanya, kucing saya jenis persian peaknose umur 8 bulanan, sedang hamil, namun saat usia kehamilan 40 harian, keluar banyak darah dari kemaluanya, apakah ini keguguran? namun kucing saya ini nafsu makanya tetap normal, pup normal, dan tidak terlihat lesu, mohon pencerahanya dok terimakasih

Kucing batuk dan tidak mau makan

Dok, kucing saya sudah 3 hari batuk dan 2 hari tidak mau makan. Makan hanya sedikit ketika saya suapin dan itu adalah makanan basah. Minum pun tidak mau. Dia batuk" bahkan sampai suara nafasnya seperti sesak nafas. Itu penyebabnya apa ya dok dan obat seperti apa yg harus saya berikan

Ada benjolan pada perut kitten, gusi kuping dan telapang kaki menguning

selamat malam dok, saya punya kucing usia 3bulan jenis kelamin jantan. saat usia 2 bulan saya mengetahui klo pada bagian perut kucing tsb ada benjolan, tapi terkadang tidak teraba dan terasa hilang.

saat ini benjolannya semakin membesar dan jelas. Lalu keadaan gusi, bagian dalam kuping, hidung dan telapak kaki kucing jadi menguning.

untuk warna feses kucing pun terlihat kuning tp pucat, lalu air kencingnya kuning sekali. dia mulai sering ngeong2, nafsu makan berkurang tapi masih mau makan.

apakah gejala2 tersebut terjadi akibat benjolan yg ada sblmnya ?

kira2 dengan semua gejala tsb diagnosa nya mengarah ke penyakit apa ya?

tumor atau virus kah ?

ada tips untuk pengobatannya?

terimaksih dok..

 

 

Kucing Menyusui tidak mau makan

Dok saya punya kucing yang sedang menyusui anaknya ada 7 ekor (3 ekor adopsi dr kucing lain yang ditinggalkan kemauan si induk sendiri yang menggendong dan menyusi) sekarang bayi nya sudah umur 2 bulan dan masih menyusui, tapi masalahnya si induk sekarang susah makan, dan cuma mau minum, tp sekarang makan dan minum nya juga susah,  si induk keliatan lemes tp kadang masih mau menyusui anaknya, pup nya pernah terlihat cair dan berdarah tp skrg sudah enggak dan pernah muntah juga, suaranya juga kadang terdengar kecil dan pendek. kalo duduk atau tidur dia mencari alas kain atau ditempat tinggi (diatas mesin cuci, diatas kandang) seperti gak mau dingin dilantai, kondisi ini sudah berjalan 3 hari, mohon penjelasannya dok kucing saya kenapa dan bagaimana penanganannya. terimakasih

 

kucing hamil tapi tidak nafsu makan

dok kucing saya sedang hamil tapi tidak tahu usia brp minggu,kucing saya jadi tidak nafsu makan,bahkan kalau makan hanya sedikit meskipun saya kasih makanan kesukaannya,bulunya juga jadi rontok,badan nya juga kurus,dia juga sering kencing sembarangan padahal biasanya tidak..itu kira2 kenapa?dan bagaimana agar kucing saya kembali seperti semula?-terimakasih 

Makanan proplan kitten

Selamat sore

 

Sebelumnya saya membeli proplan kitten 2.5 kg di toko yg sama bentuknya butiran kecil. Bulan ini saya beli di toko yg sama dgn kemasan yg sama proplan kitten ko butirannya besar ya. Apa beda atau gmn karena kucing saya gak mau makan yg beli skr

Kucing susah makan, minum dan tidak BAB seharian

Halo, kucing saya berumur 3 bulan, akhir-akhir ini kalo makan hanya sedikit dan tidak mau minum. Pagi ini saya cek litter boxnya tidak ada BAB nya hanya pipisnya saja. Padahal biasanya setiap pagi saya cek litter box pasti ada BAB nya. Kucing saya kenapa ya?

Masalah nafsu makan

Anjing saya labrador umur 2 tahun beratnya 3 kg. Selama ini diberi makan dogfood aman2 saja namun belakangan ini agak tidak doyan dengan dog foodnya. Apakah bisa untuk menambah nafsu makannya terhadap dogfood, saya campurkan dogfoodnya dengan air rebusan ayam untuk?? Terima kasih dok

Kucing Pipis Sembarangan

Halo dok. Saya punya 4 kucing, 2 dewasa dan 2 kitten. Setelah ada 2 kitten ini yang sekarang umurnya sudah 3 bulan, tiap hari saya menemukan air kencing kucing di atas sofa. Sudah saya bersihkan tapi tetap keesokan harinya ada air kencing di tempat yang sama. Saya tidak bisa menentukan kucing mana yang suka pipis sembarangan, apakah yang kitten (walaupun sudah bisa pakai litter box) atau yang dewasa (curiganya spraying tapi air kencingnya tidak memancar tapi menggenang dan banyak). Sudah saya bersihkan sofanya tapi baunya tidak bisa benar2 hilang sehingga dikhawatirkan itu yang menyebabkan kucing terus menerus buang air disana. Bagaimana ya dok penanganannya? Terima kasih.

Obat cacing untuk kucing hamil

Selamat pagi dok, saya punya kucing yang sedang hamil. Tadi pagi saya liat pupnya ada putih2 seperti cacing. Apakah kucing hamil boleh diberi obat cacing ? Apabila boleh, saran obat cacing yang baik untuk kucing hamil apa ya dok? Terima kasih. 

Kucing benjolan di perut

halo dok, minta jawabannya serta solusi, saya di pedesaan jauh dari klinik hewan tepatnya di kabupaten tasik, sebelum saya ke drh mau tanya dulu

 

pada usia kehamilan 59 hari tgl 26 nove 2019 sekitar pukul 01.00 s/d 04.00 kucing saya melahirkan 1 ekor dan baru ketahuan oleh saya pukul 05.00 dengan kondisi induk di luar kandang dan bayi di dalam kandang setelah di cek bayi kucing tersebut tdk bernafas saya nyatakan mati karena sudah 2 jam di bantu bersihkan dan tdk ada pergerakan, setelah saya cek keliling saya pastikan tdk ada bayi lainnya dan perut kucingdi atas puting masih menggumpal seperti masih ada janin saya kira masih ada yg belum kluar dan sampai sekarang saya menunggu perut masih keliatan ada benjolan kenyal ( seperti janin ) karena ada kerasnya seperti kepalan kepala tapi sampai detik ini 1desember pukul 23.00 belum ada tanda tanda lagi melahirkan kondisi induk normal aktif, lincah, makan banyak seperti kucing pada umumnya, sblm saya ke klinik hewan ada beberapa pertanyaan

 

1. apakah mungkin kucing emang lahir 1 ekor ?

2. apakah yg di perutnya emang masih ada janin ?

3 apakah mungkin kelahiran kedua bisa lebih dr 3 hari ?

4 apa yg bisa saya lakukan di rumah sblm ke klinik karena mengingat jarak yg hampir 60 kilometer

Anak kucing

Dok ,saya adopsi kucing sudah 3mingguan lebih ,kucingnya aktif makan gembul banyak minum teratur cuma gamau diem jalan jalan dan lari lari terus kaya ngelihat kebawah terus jadi suka nerkam gigit kaki Ama tangan aja kerjaannya,itu kenapa ya ?apakah stress ?terus dibulunya ada kaya kerak putih ketombe rambut rontok apakah karena faktor itu ,jamur kah apa ketombe ?