Dengan ASK THE EXPERT

konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan

Abses

Dok apakah abses pada kucing bisa sembuh sendiri? 

Golden Retriever 2tahun

Malam Dok, anjing saya bulunya rontok dari umur 4 bulan.

memang sih gak bank cuma agar mengganggu karena gak bisa diajak kedalam rumah.

saya sudah ganti makanannya... apakah pro plan performance bisa saya beri.. pakah baik-baik-baik tuk bulu anjing?

Kucing sepertinya luka lalu mengeluarkan nanah

Halo dok, saya gatau kucing saya luka atau tidak, nah saya mulai curiga ketika kucing kitten saya di punggungnya itu bulunya mengeras & menggumpal gitu seperti kena cairan lengket, ketika saya basuh pake air hangat barulah ketauan dari situ keluar nanah. Saya mau tanya itu kucing aaya kenapa ya?

Kucing lemas dan tersengal sengal

Nafas kucing saya tersengal sengal sudah 2 hari, badan lemas tidak nafsu makan, keluar air liur, saya hawatir sekali. Saya periksa ke vet katanya kena virus dan sudah hepatitis dan kena paru parunya juga dan diberikan resep antibiotik dan lostacef A. Saya hawatir sekali langkah perawatan apa yg harus dilakukan untuk memulihkan kondisi kucing saya. Karena kondisi sekarang lemas sekali 

Pemberian Pil KB

dok mau nanya, bagaimana jika anjing sudah terlanjur diberikan pil kb tapi baru satu kali karena baru tau jika pil kb berbahaya bagi hewan.  terima kasih

Kucing Batu Ginjal

Dokter, kucing saya sakit. Dugaan awal, kucing saya ditabrak org karena tiba-tiba pulang dengan kaki agak diseret dan ekornya tidak merespon. Awalnya dia tidak pup/pip karena susah menopang tubuhnya sendiri. H+1 dia mulai pup tp tidak terkontrol (tiba-tiba keluar). Setelah itu dia dia malah diare parah, sekitar duburnya memerah sampai hari ini. 

Untuk makan dan minum dia masih mau. Saya juga sudah ke dokter hewan, diagnosis nya batu ginjal. Setelah pulang dari dokter kucing saya belum terlihat pup lg hanya mengeluarkan cairan seperti pipis. Apakah batu ginjal memang bisa menyebabkan kucing kesulitan jalan dok? Dan sampai sekarang ekor kucing saya masih tidak merespon. 

Diare

Hallo dok, saya mau tanya saya punya kucing jantan umur 6bulan dan betina sekitar umur 9bulan. Mereka aktif dok, sudah saya beri obat cacing bulan maret kemarin. Tapi kenapa ya pup mereka tidak pernah padat? Awalnya yg betina tidak begitu dok, setelah saya adopsi si jantan dan dari kecil emang si jantan pup nya tidak padat terus dok, kok mereka pupnya tidak bisa padat ya? Pdhl udh beli segala obt ke petshop tp hasilnya tetap nihil. Si kucing jantan badannya gemuk memel, tapi yg betina pasca melahirkan ini  badanya kurus, pdhl saya kasih susu kucing dan makan terus dok. Takut nular sama yg 5 kitten yg baru 1 bln ini lahir dok. Mohon pencerahannya, terima kasih

Kucing kutuan

Dok, 

Jadi gini, kitten saya kan kutuan saya sudah kasih obat merk det** di tungkuk nya 2 hr yg lalu. Sampai hr ini kutunya masih ada. Dan kutunya trsbt brwarna putih dan sangat kecil, sekecil telur kutu. Apa banyak jenis2 kutu dok?? 

Kemudian kira2 efek obat tsb berhasil atau tdk ya dok? Kalau tdk apa boleh saya kasih obat tetes lainnya? Atau menunggu wkt hingga obat yg lama sudah bekerja?

 

Trmksh

benjolan di tubuh anak kucing

hallo dok, saya mau bertanya, saya punya 3 ekor anak kucing yg baru berumur sekitar seminggu,namun sayang induknya sudah gaada. jadi mereka saya beri susu cair UHT, 2 ekor diantara mereka rada susah minum susu tersebut, dan ditubuhnya ada benjolan2 kecil ada yg warna merah, dan ada yg berwarna putih.kira² ini disebabkan karna apa,dan bgaaimna solusinya dok? Terima kasih.

Kucing mual mual

Dok, mau tanya. 

Kitten saya umur 3 bulan. Berat skrg mungkin 1kg. Sebelum divaksin kemarin berat 0,9 dan dia sempat muntah. Gatau bentuknya apa karna lagi kerja. Saya datangi vet dan drh kalau saya mau vaksin, tapi saya blg ke drh tadi siang sempat muntah. Dan 2 hari kemarin sempat nafsu makannya turun, saya beratanya bolehkah di vaksin? Atau kitten saya sakit? Kata drhnya, engga kok lincah sehat mungkin krn stress baru pindah tempat. 

Setelah divaksin, dokter memberikan obat untuk nafsu makan kitten dan lgsg nambah nafsu makannya. 3 hari setelah di vaksin kitten saya mual2 kaya mau muntah lagi tp blm sempat muntah.

saya gatau penyebabnya apa. Padahal sebelum d vaksin sudah di cek drh nya sendiri.

Apa itu salah satu hairball atau tanda2 sakit dok? 

 

Trmksh

Perut kucing membesar dan keras

Halo dok, saya ingin bertanya. Saya meraba perut kucing saya yg membesar dan rasanya keras. Dia memiliki ciri2 yg sama dgn kucing hamil, di dalam perutnya pun terasa ada sesuatu yang bergerak. Tapi saya khawatir dia sakit cacingan alih2 hamil, karena kucing saya membuang kotoran di luar rumah, jadi saya tidak dapat mengontrol apakah dia pup atau tidak.  Apakah kucing saya hamil dok? Dan bagaimana cara membedakan antara kucing hamil dan cacingan? Saya belum mendatangi vet karena disini sedang libur lebaran. Terima kasih.

Tidak BAK setelah melahirkan 1 anak

Dok, kucing saya tidak kencing 3hari an juga dikit minumnya setelah melahirkan satu anak. Kira2 gejala apa saja yg bs terjadi dikarenakan ini ya? 

Perut buncit pada kucing jantan

Halo dok, mau tanya. Kenapa perut bagian tengah kucing jantan saya buncit ya seperti kucing betina yg sedang hamil? Seperti gak sinkron dengan badannya. Kaki belakangnya masih tergolong kurus tp perut tengahnya buncit. Dan kalo dia telungkup dengan kaki belakang msh ditekuk, maka tulang kaki belakangnya kelihatan jd badannya blm tertutup pleh lemak atau daging semua makanya saya khawatir. Itu kenapa ya dok? Untuk makan dan minum biasa daja dok, dia aktif bergerak jg. Terima kasih sebelumnya.

Anak kucing lemas tidur terus, mulut mengeluarkan air liur

Permisi dok, saya mau tanya. Saya punya anak kucing yang umurnya 1 bulan masih minum sama induknya, satu anak kucing saya ini tiba tiba lemas sekali seperti tidak ada tenaga dan tidur terus, terus nafasnya juga tersendat sendat sambil mangap mangap terkadang mengeluarkan suara rintihan, perutnya buncit, sama mengeluarkan air liur terus. Saya tadi sempat kasih air gula sama susu kucing karena tidak mampu minum susu dari induknya, tapi keadaannya sama saja belum ada perubahan. Kira kira anak kucing saya sakit apa ya? Dan cara penanganannya bagaimana, kalau semisal dibawa ke dokter hewan saya bingung bagaimana membawanya karena masih kecil sekali dan dokter hewan dari rumah saya cukup jauh.

Kucing berantem

Jadi saya punya kucing betina umur sekitar +6bulan, karena sering main dan jarang pulang jadi saya cari lagi kucing jantan buat teman umurnya +8bulan dan badannya lebih besar dari si betina, sudah semingguan kalau dibarengkan masih berantem terus dok, kebetulan cuma punya kandang satu kecil, si betina saya taruh kandang saya barengkan dengan si jantan tp dia malah pup di kandang mungkin saking takutnya, kira" solusinya bagaimana ya dok biar mereka bisa akur? 

Kucing berantem

Siang dok, Jadi saya punya kucing betina umur sekitar +6bulan, karena sering main dan jarang pulang jadi saya cari lagi kucing jantan buat teman umurnya +8bulan dan badannya lebih besar dari si betina, sudah semingguan kalau dibarengkan masih berantem terus dok, tiap ketemu si kucing betina menggeram dan si jantan akan langsung menyerang, si betina mengeluarkan suara keras sekali dong tiap berantem, pernah saya coba saya satukan di satu ruangan kebetulan cuma punya kandang satu kecil, si betina saya taruh kandang saya barengkan dengan si jantan tp dia malah pup di kandang mungkin saking takutnya, kira" solusinya bagaimana ya dok biar mereka bisa akur? 

Kucing kecil tidak mau makan

jadi saya beli makanan kucing tapi dia tidak mau makan, tetapi kalo saya beli ikan kering di pasar dia mau makan tapi hanya sedikit. itu kenapa ya apa merek makanan kucingnya tidak cocok atau kcuing saya yang masalah. makasih

kucing habis digendong terus batuk

selamat siang dok. tadi ada kejadian, saya menggangkat kucing saya tiba-tiba setelah 5 menit ada di gendongan terbatuk dan tidak berenti sampai 1 menit. saya panik. itu kira-kira kenapa ya dok? apa ada hubungannya cara menggendong kucing dengan batuk yang dialami kucing saya?

terimasih dok

Kucing melahirkan

Selamat malam. Saya mau tanya, kucing saya kan hari sabtu kemarin lairan anak pertamanya sungsang gamau keluar" lama banget sampe badannya dingin, trs minta tolong orang lain buat ngeluarin tapi anaknya udah ga tertolong. Trs malemnya ada yang mau keluar cuma separo tapi masuk lagi. Dan kucingnya sekarang jalan", trs klk tidur kadang suka ngejan trs suka bergetar badannya. Gamau makan tapi masi mau minum. Trimakasi dok

Anak Anjing menggigit

Alo aku mau tanya, puppyku udah 4 bulan , pada saat aku ingin mencoba ambil mainan atau makanannya mereka suka menggerang dan menggigit tanganku sampai berdarah, bisa kasih solusi/cara untuk menanganinya?