Dengan ASK THE EXPERT

konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan

Virus pada kitten

Dok, apa memungkinkan anak kucing saya (usia 1 bulan) bisa bertahan/sembuh dari virus panleukopenia? Dari artikel2 yg sy baca gejala2nya mirip spt virus panleuk, sebelumnya saya sudah kehilangan anak kucing juga dg gejala yg sama (hanya bertahan 24 jam) dan skrg sptnya virus itu mengenai saudara2 anak kucing tsb. Anak kucing saya tidak mau makan & minum (dilepehin), lemas, muntah2 kuning, pup mencret, tidak aktif dan cenderung rewel. Apa ada penanganan lain selain treatment spt rawat inap? Krn sikon keuangan saya tidak memungkinkan untuk merawat anak2 kucing sy di dokter hewan. Sedih banget rasanya kalau sampai kehilangan lagi. Tolong bantuannya ya dok, terima kasih.

Dijawab Oleh: drh. Lynn

Ya, salah satu diferensial diagnosa untuk gejala yang Anda sebutkan di atas adalah panleukopenia. Karena panleukopenia disebabkan oleh virus, tidak ada obat yang dapat diberikan untuk menyembuhkan kucing yang terkena panleukopenia. Yang bisa diberikan hanyalah pengobatan suportif untuk membantu tubuh hewan dalam melawan infeksi. Oleh karena itu, kucing yang terkena panleukopenia biasa diberi pengobatan: infus untuk menggantikan cairan tubuh, antibiotik untuk mencegah/mengatasi infeksi sekunder bakteri, antimuntah, pelapis lambung, serta vitamin dan nutrisi. Obat-obatan ini perlu diberikan dengan cara disuntik karena kalau diberikan secara oral biasanya akan dimuntahkan kembali. Virus ini merupakan virus yang sangat ganas, terkadang dengan pengobatan terbaik sekalipun peluang kesembuhannya sangat kecil.

Apabila memang tidak ada opsi untuk rawat inap, Anda bisa mencoba memberikan sucralfate secara oral untuk melapisi lambung. Berikan pakan lembut yang mudah dicerna dengan kandungan nutrisi tinggi seperti Hill’s Prescription Diet a/d (https://www.hillspet.co.id/cat-food/pd-ad-canine-feline-canned) atau Royal Canin Recovery (http://www.royalcanin.co.id/produk/products/produk-dokter-hewan/vet-diet-canine/recovery) minimal satu kali sehari. Anak kucing juga sebaiknya diberi antibiotika dan anti muntah oral. Obat ini sebaiknya Anda ambil di dokter hewan agar tidak salah pemberian dan dosis karena pada hewan, jumlah obat yang diberikan bergantung pada berat badan hewannya. Apabila ada kucing lain yang menunjukkan gejala yang sama, segera obati sebelum gejalanya semakin parah.

Apabila kucing Anda sudah sembuh, segera vaksin. Vaksinasi itu seperti menabung. Dengan mengeluarkan sedikit biaya untuk vaksin, Anda bisa mencegah pengeluaran biaya yang besar saat hewan benar-benar sakit.

Saya harap kucing Anda lekas sembuh.

Tanya Ahli dengan drh. Lynn