Dengan ASK THE EXPERT

konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan

Sterilisasi Kucing

Dok, saya punya kucing Persia jantan umurnya sekitar 1 tahunan & dia sering sakit2an. Pada saat ke dokter, saya disarankan untuk sterilisasi kucing saya supaya engga sakit2an terus. Saya agak bingung, banyak yang bilang kalau baiknya kucing itu disteril untuk sehat tapi saya agak kasian liatnya kalau dia disteril karena saya punya kucing lain yang disteril jadinya cuma makan & tidur aja. Lebih baik gimana ya dok?

Dijawab Oleh: drh. Lynn

Boleh tolong dispesifikasi lagi gejala penyakitnya apa? Sterilisasi memang diindikasikan untuk beberapa jenis penyakit seperti pyometra, tumor pada testis, tumor/kista pada uterus/ovarium, dan beberapa jenis penyakit kulit yang diseababkan oleh ketidakseimbangan hormon seksual. Pelaksanaan operasi pada hewan yang memiliki penyakit bergantung pada hasil pemeriksaan fisik, indikasi operasi, jenis dan kondisi penyakit dan sebagainya. Apabila memungkinkan, memang tindakan operasi idealnya dilakukan pada hewan yang sehat.

Sterilisasi pada hewan akan mengurangi atau meniadakan perilaku seksualnya tapi bukan berarti mereka menjadi lebih malas. Ajaklah kucing Anda yang sudah disteril itu bermain dan pastikan porsi pakan yang diberikan tepat sehingga kucing tetap memiliki berat badan yang ideal. Banyak mainan untuk kucing dapat dibeli di pet shop dan beberapa klinik hewan.

Tanya Ahli dengan drh. Lynn