Dengan ASK THE EXPERT

konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan

Poop bercampur diare

Malam dok, kucing saya baru saja melahirkan sebulan yang lalu, dan saat ini masih menyusui. Tapi hari ini saya lihat di toiletnya poop nya padat bercampur mencret, padahal dia hanya makan dry food proplan for kitten. Karena faktor apa ya dok bisa mencret ? Apakah ada makanan khusus untuk pertolongan pertama agar tidak bertambah parah ? 

Terimakasih

Dijawab Oleh: drh. Lynn

Penyebab mencret bervariasi mulai dari stress, salah makan, kecacingan, ketidakseimbangan flora normal usus, inflamasi, dan sebagainya. Selain itu, kucing merupakan hewan pemburu, tidak jarang seekor kucing mengalami muntah atau diare karena memakan hewan kecil seperti cicak, kecoak, dsb.

Apabila mencretnya mengkhawatirkan, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah membawa kucingmu ke dokter hewan untuk pemeriksaan feses karena obat/penanganan bergantung pada penyebabnya. Apabila kucingmu belum diberi obat cacing selama 6 bulan terakhir, kamu bisa memulai dengan memberi obat cacing spektrum luas khusus kucing. Obat cacing sebaiknya diberikan secara rutin setiap 3-6 bulan sekali. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter hewan Anda program vaksinasi dan obat cacing terbaik untuk anak-anak kucingnya. 

Tanya Ahli dengan drh. Lynn