Dengan ASK THE EXPERT

konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan

Perut Kucing Buncit Setelah Makan

Dok saya mau bertanya, saya merescue kucing liar usia 1 bulanan. Seminggu saya rawat dia sehat-sehat saja tetapi minggu kedua saya rawat setiap dikasih makan perut dia itu buncit. Pup dia tidak mencret, sangat aktif tidak lemas dan nafsu makan bagus. Itu kenapa ya dok?

Note: pada saat saya merescue kucing tersebut saya langsung bawa ke vet dan dia terkena cacing dan sudah diberi obat cacing.

Mohon balasannya dok, terima kasih.

Dijawab Oleh: drh. Lynn

Halo, pertama-tama, terima kasih sudah rescue kucing liar dan memberinya kesempatan untuk hidup :)

Untuk menjawab pertanyaannya, buncitnya perut pada anak kucing setelah makan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain pemberian pakan yang kurang sesuai dengan bakteri di saluran pencernaan kucing (sehingga terbentuk gas) dan pemberian pakan yang terlalu banyak sehingga saluran pencernaan overload. 

Anak kucing berusia 1 bulan yang sudah disapih/tersapih dari induknya bisa mulai diberikan pakan khusus kitten. Pakan kering khusus kitten dapat dicampur dengan susu khusus kitten agar lebih mudah dimakan. Pemberian susu sapi tidak disarankan. Karena ukuran lambungnya masih kecil, anak kucing perlu diberikan pakan dengan jumlah sedikit namun frekuensi yang sering, yaitu kurang lebih 4-5 kali perhari.

Apabila anak kucing sudah positif terdiagnosa cacing, jangan lupa pemberian obat cacing diulang dua minggu setelah pemberian obat cacing pertama. Jadwal pemberian obat cacing yang disarankan untuk anak anjing dan kucing adalah:

  • usia 2 minggu - 3 bulan: obat cacing diberikan 2 minggu sekali
  • usia 3 bulan - 6 bulan: obat cacing diberikan setiap bulan
  • di atas usia 6 bulan: sesuai rekomendasi pemberian obat cacing kucing/anjing dewasa

 

Tanya Ahli dengan drh. Lynn