Dengan ASK THE EXPERT

konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan

Perut anak kucing buncit

Halo dok.

Jadi begini, saya dan kakak saya 3 hari yang lalu menemukan anak kucing di gudang. Umurnya tidak tahu pasti, tapi masih tidak ada gigi. Saya tidak membawa kucing itu ke vet karena di kawasan rumah saya tidak ada vet/klinik, dan dana juga tidak ada.

Di hari pertama, kakak saya memberi kucing itu susu sapi karena tidak ada susu kucing. Di hari berikutnya sampai sekarang kakak saya sudah ganti dengan susu kucing. Tapi lama kelamaan perutnya terlihat membuncit, dok. Itu kenapa ya? Saya dan kakak saya tidak ada pengalaman mengurus kucing, apalagi anak kucing.

Badannya dari awal ditemukan gemetaran, dan kakinya lemas jadi tidak bisa jalan. Kalau jalan jadi diseret.

Mohon bantuannya ya dok, terima kasih 🙏🏻

Dijawab Oleh: drh. Icha

Hi PetLovers, Perut yang membesar pada anak kucing dapat disebabkan oleh banyak hal, misalnya karena adanya akumulasi gas didalam perut, adanya infeksi oleh cacing, masalah konstipasi ataupun hal lainnya. Sedangkan tubuhnya yang gemetaran bisa dikarenakan suhu tubuhnya yang rendah sehingga anak kucing tersebut merasa kedinginan, karena anak kucing masih sangat membutuhkan kehangatan dari induknya untuk menghangatkan tubuhnya. Pemberian susu dari induknya juga sangat dibutuhkan oleh anak kucing karena merupakan nutrisi awal untuk anak kucing mendapatkan kekebalan tubuh dan nutrisi untuk tumbuh berkembang. Pada kondisi anak kucing yang ditemukan tidak ada induk, maka bantuan yang dapat kita lakukan yaitu memberinya tempat yang hangat, berikan asupan air susu (khusus kucing) untuk memberinya asupan setiap 2 jam sekali, hingga anak kucing tersebut mampu menjilat sendiri susu ataupun mulai makan pada usia 1-2 bulan. Periksakan ke dokter bila kondisi perutnya yang membesar mengkhawatirkan.