Dengan ASK THE EXPERT

konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan

Perawatan Kitten Dari Kecil

Siang dokter lynn. Saya baru saja mempunyai kitten berusia 3 bulan dan saya ada beberapa pertanyaan sebenernya:

 

1. Apa kitten umur 3 bulan sudah bisa makan makanan kering?

2. Kalau bisa, sebaiknya itu dia harus dikasih makan berapa kali ya? Karena saya punya juga kucing sudah setahun, dia minta makan terus karena dari kecil setiap dia minta makan selalu saya kasih. Jadi yang sekarang mau saya biasakan rutinitas makannya.

3. Apa vitamin penting untuk kitten usia 3 bulan? Karena sebenernya dia masih harus dapat susu dari ibunya kan?

 

Itu saja makasih dok.

Dijawab Oleh: drh. Lynn

Selamat siang,

1. Kitten berusia 3 bulan sudah bisa diberi pakan kering. Pakan Pro Plan untuk Kitten (Optistart Kitten) dapat diberikan sejak usia 6 minggu sampai usia 1 tahun. Pakan ini sudah mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh anak kucing untuk memperkuat imunitas dan kesehatan pencernaannya. Apabila anak kucing tidak mau langsung memakan pakan kering, coba campurkan terlebih dahulu pakan keringnya dengan pakan basah, kemudian dengan berangsur-angsur kurangi jumlah pakan basahnya.

2. Pada usia 3-6 bulan, anak kucing sebaiknya diberi pakan 3-4 kali sehari dengan takaran sesuai dengan yang tertera pada kemasan pakan yang diberikan. Pada usia lebih dari 6 bulan, pakan sebaiknya diberikan dua kali sehari (pagi dan sore). Coba dari sekarang biasakan kucing dewasa Anda makan 2x sehari. Kemungkinan besar prosesnya akan sulit di awal, namun apabila Anda persisten lama kelamaan kucing Anda akan terbiasa dengan rutinitas baru ini.

3. Pakan khusus anak kucing (kitten) dengan kualitas yang baik sudah memenuhi kebutuhan nutrisi kucing yang diperlukan. Namun, apabila ingin memberi tambahan, bisa diberikan vitamin seperti nutriplus gel. Pada usia 3 bulan, anak kucing sudah tidak perlu diberikan susu tambahan.

Tanya Ahli dengan drh. Lynn