Dengan ASK THE EXPERT

konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan

Kucing perut besar

Dear tim dokter yang terkasihi,

Saya sudah satu minggu ini memungut kucing liar yang disekitar rumah.  Kucing  ini punya 4 bayi. 

Karna saya sudah sering bertemu dia sebelumnya, saya selalu perhatikan perutnya yang besar bengkak. Awalnya saya pikir dia hamil, tapi bertahun tahun tidak ada anaknya.

Karna kali ini dia punya anak, saya langsung berpikir kalau dia sakit. Saya takutnya dia sakit atau cacingan, nanti anaknya bisa terinfeksi ya dok karna minum susunya? 

Tolong berikan saran dan solusi apa yang harus saya lakukan agar keluarga kecil ini sehat.

 

Terimakasih.

 

Best regards,

Yeri

Dijawab Oleh: drh. Icha

Hi Yeri, Terima kasih sudah mau memberikan perhatian untuk kucing liar di sekitar rumahmu :) Perut kucing yang membesar bisa disebabkan oleh berbagai hal, karena ada banyak organ didalam perut (usus, ginjal, limpa, dll) sehingga harus dipastikan ada masalah di organ apa yang menyebabkan perutnya membesar. Misalnya usus yang bermasalah bisa karena cacingan sehingga perut kucing tsb menjadi buncit, atau bisa karena hal lainnya misalnya infeksi. Sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter hewan untuk memastikan organ tubuh mana yang bermasalah. Begitupula dengan anak-anak kucingnya, sebaiknya juga diperiksakan ke dokter hewan untuk memastikan kondisi mereka sehat :)