Dengan ASK THE EXPERT

konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan

Kucing Hamil

Dok, saya punya kucing yang lagi hamil. Dia udah keluarin 3 anaknya tapi perutnya masih besar. Apa masih ada anaknya disitu ya? Sudah 2 hari tapi kok gak keluar2 ya? Apa benar juga kalo induknya suka memakan anaknya? Kenapa ya?

Dijawab Oleh: drh. Lynn

Pertama perlu dipastikan apakah ukuran perutnya besar karena masih ada anak di dalam atau karena kucingnya gemuk (banyak lemak di dalam perutnya sehingga perutnya terlihat besar). Cara memastikannya adalah dengan melakukan USG atau Xray di klinik dokter hewan.

Memang terkadang ada induk kucing yang memakan anaknya tapi biasanya tidak menyebabkan perutnya terlihat lebih besar (prosesnya sama dengan apabila kucing memakan pakan yang biasa kita kasih). Makanan akan masuk ke saluran pencernaan, dicerna, kemudian dikeluarkan dalam bentuk feses.

Saran saya, bawa kucing Anda ke dokter hewan yang memiliki fasilitas USG atau Xray untuk dipastikan apakah penyebab perut besarnya adalah sesuatu yang normal atau tidak.

Jangan lupa ya pemberian vaksin dan obat cacing pada anak-anak kucingnya (dan induknya kalau belum). Selengkapnya bisa dibaca di sini: https://www.proplan.co.id/tanya-ahli/vaksin-kucing

Tanya Ahli dengan drh. Lynn