Dengan ASK THE EXPERT

konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan

Kucing Batuk Parah

Siang dok. Saya punya kucing kampung biasa, umurnya setaun lebih. Sekitar semingguan, dia kayak tersedak makanan gitu, batuk2 kencang gitu, aku juga gak tau kenapa. Aku bawa ke dokter katanya dia radang & sariawan, tapi gak tersedak makanan. Udah coba dikasih makanan lembek dia gak mau, saya akhirnya kasih makan pake pipet. Terus saya udah kasih obat tapi gak sembuh2 juga sakitnya malah batuknya makin kencang. Makin kurus juga dia, kenapa ya dok kira2? Dan saya harus gimana?

Dijawab Oleh: drh. Lynn

Perlu diketahui bahwa penyebab batuk pada kucing bermacam-macam, antara lain seperti agen infeksius (bakteri, jamur, virus, parasit), alergi, masalah jantung, dan sebagainya. Pengobatan yang diberikan bergantung pada penyebab batuknya. Sebagai contoh, pada kasus infeksi bakteri obat yang diberikan adalah antibiotika dan anti dahak (apabila batuk berdahak), pada kasus infeksi jamur obat yang perlu diberikan adalah anti jamur, sedangkan pada kasus alergi obat yang diberikan adalah anti alergi serta mengeliminasi substansi penyebab alerginya. Apakah Anda tau jenis obat apa yang sudah diberikan pada kucing Anda?

Apabila tidak ada perbaikan dengan obat, segera bawa kembali kucing Anda ke dokter hewan untuk ditinjau kembali penyakitnya (pada kasus ini, sebaiknya dibawa ke klinik dokter hewan yang memiliki fasilitas seperti ruangan rawat inap, perlengkapan pemeriksaan darah, dan xray). Terkadang memang obat yang diberikan perlu diubah atau ditambah bergantung pada perkembangan gejalanya. Besar kemungkinan dokter hewan akan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan darah dan xray untuk membantu meneguhkan diagnosa. Apabila kucing Anda tidak mau makan dan kondisinya sudah lemas, sebaiknya diinapkan di klinik dengan infus agar tidak dehidrasi.

Tanya Ahli dengan drh. Lynn