Dengan ASK THE EXPERT

konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan

Kucing baru tidak akur dengan kucing lain

Siang dok. Saya ada kucing baru dirumah sebanyak 1 ekor & ada kucing yang lain 7 ekor. Tapi kucing baru ini kalau saya dekati ke kucing lain seperti tidak akur gitu. Bahkan pernah sampai berantem. Gimana ya saya buat supaya dia akur dengan kucing lainnya ? Ditunggu jawabannya ya dok.

Dijawab Oleh: drh. Lynn

Pada awalnya, pisahkan kedua hewan yang akan diperkenalkan di dua ruangan yang berbeda. Hewan memiliki indra penciuman yang lebih baik daripada manusia jadi walaupun mereka berada pada ruangan yang terpisah, mereka masih dapat mencium bau satu sama lainnya. Ini merupakan metode perkenalan pertama yang aman dengan tanpa adanya resiko interaksi. Anggap saja kucing baru ditempatkan di ruangan A dan kucing-kucing lama di ruangan B. Setelah beberapa hari, letakkan handuk atau kain dengan dengan bau kucing2 lama Anda di ruangan A dan letakkan handuk atau kain dengan bau kucing baru di ruangan B agar mereka semakin terbiasa dengan bau masing-masing.

Untuk menciptakan suasana nyaman, berinteraksilah dengan kucing-kucing Anda secara terpisah setiap hari agar mereka juga merasa nyaman dengan Anda.

Apabila masing-masing individu sudah merasa nyaman dengan Anda dan lingkungannya, ubah posisi mereka, dimana kucing baru ditempatkan di ruangan B dan kucing-kucing lama ditempatkan di ruang A selama beberapa hari.

Ketika mereka sudah merasa nyaman, kondisikan agar kedua hewan dapat saling bertatap muka tanpa kontak fisik. Ababila sekiranya mereka terlihat akur dan rileks, coba pertemukan mereka.

Beri stimulasi positif (elusan, pakan) apabila kucing-kucing bersikap tenang selama masa perkenalan ini.

Pastikan selalu ada yang mendampingi kedua kucing-kucing ini sampai Anda yakin bahwa mereka sudah benar-benar nyaman satu sama lain. Waktu yang dibutuhkan untuk proses ini berbeda untuk setiap individunya.

Semoga berhasil!

Tanya Ahli dengan drh. Lynn