Dengan ASK THE EXPERT

konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan

Jamur kucing

Dok, saya mempunyai kitten berumur sebulan terkena jamur yang kemungkinan ringworm (Tersebar dibagian perut, kepala dan ekor dengan ciri-ciri seperti ketombe dan penebalan kulit). Bagaimana cara penanganannya selain kebersihan yang ekstra? Apakah bahaya jika diberikan salep untuk jamur kemudian terjilat? Terimakasih

Dijawab Oleh: drh. Lynn

Ketombe dan penebalan kulit memang merupakan salah satu ciri dari infeksi jamur pada kucing. Apabila penyebabnya memang ringworm, berikan salep anti jamur dengan telaten 2-3 kali sehari. Apabila memungkinkan, bersihkan terlebih dahulu kulitnya dengan sabun yang mengandung properti anti jamur. Sebaiknya salep jangan sampai dijilat. Coba buatkan E Collar untuk kucing Anda untuk dipakaikan selama kurang lebih 2 jam setelah aplikasi salep. 

Apabila tidak ada perbaikan, konsultasikan dengan dokter hewan Anda treatment terbaik untuk kucing Anda. Perlu diketahui bahwa penyakit kulit pada kucing sangat bervariasi, dan terkadang mereka memiliki penampakan klinis yang sama. Apabila Anda tidak yakin bahwa infeksi kulit kucing Anda disebabkan oleh ringworm, konsultasikan dengan dokter hewan untuk rule out penyebab lain seperti parasit (scabies) dan bakteri.

Tanya Ahli dengan drh. Lynn