Dengan ASK THE EXPERT

konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan

FLUTD

Dear Dokter,

 

Sy punya kucing jantan dewasa 2 ekor yg terkena FLUTD. Keduanya tdk diketahui pemilik awalnya/kabur kerumah sy shg sy tdk tahu pakan sebelumnya Dok, krn dtg dlm keadaan sdh sakit akhirnya sy bw ke klinik dan oleh dokter disana dianjurkan terus menggunakan produk khusus SO seumur hidup si pus, apakah bisa diganti dengan produk Pro Plan yg sdh optirenal ya Dok mengingat sy kesulitan mendapatkan produk khusus SO ini dikota sy sehingga saat ini sy ganti dengan produk Pro Plan Adult Cat yg chicken, so far so good tp sy agak waswas FLUTDnya kambuh lg, mohon pencerahannya ya Dok, terima kasih sebelumnya.

 

Salam,

 

Retno - Cimahi

Dijawab Oleh: drh. Lynn

FLUTD, atau feline lower urinary tract disease, mendeskripsikan kondisi yang mempengaruhi kantung kemih dan uretra pada kucing. Jadi, FLUTD itu terjadi pada saluran perkemihan bawah. Penyebabnya bervariasi, antara lain urolithiasis (batu kantung kemih), infeksi pada kantung kemih (jamur, bakteri, parasit, virus), obstruksi uretra, idiopathic cystitis (infeksi pada kantung kemih yang tidak diketahui penyebabnya), diabetes, kanker, dsb. Penanganan yang baik dilakukan tentunya bergantung pada penyebab FLUTDnya.  

Produk PRO PLAN Optirenal lebih diformulasikan untuk menjaga kesehatan ginjal dan melindungi ginjal dari kerusakan oksidatif serta mengurangi potensi peradangan pada ginjal.

Saran saya, diskusikan kembali dengan dokter hewan Anda pilihan pakan terbaik yang bisa diberikan pada kucing Anda, karena jenis pakan yang diberikan sangat bergantung pada penyebab FLUTDnya.