Dengan ASK THE EXPERT

konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan

Cara ngilangin kutu anjing

Gimana ya cara ngilangin kutu anjing yang sudah berkembang biak?

Dijawab Oleh: drh. Lynn

Caplak pada anjing memang masalah yang sangat sulit dipecahkan karena:

1. Dalam siklus hidupnya, caplak tidak selalu berada pada tubuh anjing

2. kemampuannya bertahan di lingkungan untuk waktu yang sangat panjang.

Siklus hidup caplak terdiri atas telur - larva - nimfa - dewasa. Caplak membutuhkan darah inang (anjing) pada setiap pergantian siklusnya, namun perubahan siklus terjadi di luar tubuh inang (tanah, karpet, lantai, tembok, perabotan, dsb). Oleh karena itu Anda dapat lihat bahwa membasmi caplak di rumah yang sudah terkontaminasi tidak mudah mereka berada dimana-mana. Produk2 anti caplak (Frontline, shampoo, dll) hanya membunuh caplak yang berada di tubuh anjing namun tidak membunuh caplak di lingkungan.

Berikut saran saya:

1. Apabila dengan menggunakan Frontline Anda bisa melihat banyak caplak yang mati, teteskan Frontline pada tubuh anjing Anda setiap 3-4 minggu sekali selama 6-12 bulan. Apabila Frontline sudah tidak mempan, Anda dapat menggunakan produk lain seperti "Bravecto" dengan kandungan Fluralaner. Produk ini sangat baik untuk caplak dengan pemberian oral setiap 3 bulan. Berikanlah dengan teratur dalam kurun waktu 1 tahun.

2. Bersihkan lingkungan rumah Anda dengan penyedot debu untuk menyedot telur, larva, nimfa, dan caplak dewasa di lingkungan

3. Beberapa produk antiparasit semprot tersedia di klinik hewan dan petshop dapat digunakan untuk menyemprot perabotan, lantai, tembok. Hati2 produk ini umumnya berbahaya untuk anjing Anda apabila terjilat.

Kuncinya adalah ketelatenan dan kesabaran. Semoga beruntung.

Tanya Ahli dengan drh. Lynn