Dengan ASK THE EXPERT

konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan

Anjing sakit di sekitar kelamin

Dok, saya mau tanya anjing peliharaan saya tiba-tiba diarea sekitar kelamin dan anus terlihat seperti benjolan, krna bulunya yg lebat dan menutupi area tesebut sehingga terlihat samar-samar seperti ambeien, mengeluarkan darah, dan agak berbau seperti bau bangkai dan amis, saya tibak bisa mengecek luka tersebut krn dia berubah menjadi lebih agresif dan galak, sering kali menggigit jika didekati dan sering mengumpat sehingga sulit jg membawanya ke klinik terdekat, ini apa penyebabnya ya dok? Apakah berbahaya? Bagaimana cara menanganinya?terima kasih

Dijawab Oleh: drh. Lynn

Penanganan yang diberikan itu bergantung pada penyebab penyakitnya. Saran saya, coba panggil dokter hewan yang bisa melakukan house call atau telepon klinik hewan yang memiliki fasilitas antar jemput anjing. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencukur rambut di sekitar area yang terinfeksi untuk melihat permasalahan utamanya (luka/infeksi/belatung/hotspot/tumor/dll). Setelah itu, baru bisa dilakukan pengobatan. Ketika menelepon klinik, jelaskan mengenai kondisi anjing Anda dan informasikan bahwa anjing Anda sedikit galak.

Dokter hewan yang bekerja di klinik biasa sudah berpengalaman dalam menangani anjing-anjing yang galak. Apabila hewan masih sedikit kooperatif, bisa dipasang muzzle dan prosedur dilakukan dengan restrain manual. Apabila hewan terlalu galak namun kondisi umumnya masih baik, hewan bisa dibius selama prosedur dilakukan.

Tanya Ahli dengan drh. Lynn