Dengan ASK THE EXPERT

konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan

Tanya Ahli

Konsultasikan langsung masalah seputar kesehatan anjing dan kucing kesayangan.

Sebagian besar hewan, termasuk kucing, memiliki palpebrae tertia atau membrane niktitan untuk melindungi bola mata mereka. Membran ini merupakan lipatan jaringan yang berada di antara kelopak mata dan bola mata. Fungsinya adalah untuk mencegah masuknya kotoran dan partikel lainnya ke mata. Dalam keadaan normal, membran ini biasanya tersembunyi di permukaan dalam mata, tidak terlihat pada saat hewan berada dalam keadaan terbangun.

Keluarnya membran niktitan ini biasa merupakan tanda adanya sesuatu yang mengganggu kesehatan kucing anda. Permasalahan dapat terletak pada mata seperti adanya luka pada permukaan bola mata, trauma pada mata, dan sebagainya. Namun, bisa disebabkan oleh penyebab sistemik seperti diare, permasalahan pada usus, kecacingan, masalah saraf, dan dehidrasi.

Apabila kucingmu masih dalam keadaan sehat (aktif, mau makan dan minum, tidak ada diare dan muntah) mungkin Anda bisa mencoba dengan memberikan obat cacing spectrum luas sesuai dengan berat badan kucing Anda. Apabila kucing Anda tidak terlihat sehat dan seaktif normal, sebaiknya bawa kucing Anda ke dokter hewan terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.

Kucing umumnya dimasukkan ke dalam container apabila akan dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain. Boleh saya tau "box" yang dimaksud ini apakah kardus atau pet carrier dari plastik? Tentu saja membawa hewan dalam carrier plastik lebih baik daripada membawa kucing di dalam kardus karena antara lain:

  1. Apabila kucingnya pipis, bagian bawah kardus akan basah. Urine akan merembes dan mengotori lingkungan dan kardus akan mudah rusak,
  2. Kucing yang stress dan aktif ketika dimasukkan ke dalam kardus dapat merusak kardus tersebut, dan
  3. Kardus tidak pernah dapat ditutup dengan sempurna sehingga ada peluang kucing dapat kabur dari celah di tutup kardus.

Apabila ingin membawa hewan dari satu tempat ke tempat lain saya sarankan menggunakan pet carrier yang sudah dirancang khusus untuk hewan karena lebih aman dan nyaman untuk hewan, dengan sirkulasi udara yang juga lebih baik.

Boleh tau apakah kucing Anda sudah divaksin dan diberi obat cacing? Sudah berapa kucingnya dipelihara? Dia tidak mau makan semua jenis makanan atau masih mau makan pakan wet food? Seekor kucing tidak boleh tidak makan selama lebih dari 24 jam. Apabila Anda sudah mencoba beberapa jenis pakan dan kucing Anda masih belum mau makan, saya sarankan agar kucing Anda dibawa ke dokter hewan sesegera mungkin. Dokter hewan Anda akan melakukan pemeriksaan fisik dan (apabila diperlukan) pemeriksaan lanjutan untuk kucing Anda. Tolong jangan mengobati sendiri kucing Anda berdasarkan informasi yang didapat dari internet karena kesalahan dosis dan jenis obat bisa sangat berbahaya untuk kucing Anda. 

Perawatan kucing persia dari segi pakan, vaksinasi, obat cacing seharusnya tidak jauh berbeda dengan kucing ras lainnya. Namun, untuk menjaga kesehatan kucing jenis persia (karena rambutnya yang panjang dan hidungnya yang pesek) Anda akan perlu meluangkan lebih banyak waktu untuk perawatan harian. Apabila perawatan dilakukan dengan baik dan telaten sesuai dengan kebutuhan individu kucingnya, peluang kucing mengalami sakit (seperti sakit kulit, sakit mata, sakit pernafasan, dan sebagainya) menjadi lebih rendah sehingga Anda tidak ada pengeluaran pengobatan. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan apabila memelihara kucing persia:
  • Sisir rambutnya setiap hari untuk mencegah rambut menjadi gimbal.
  • Mandikan secara rutin agar rambutnya tetap bersih sampai ke kulitnya.
  • Apabila rambut tetap gimbal walaupun sering disisir, cukur pendek daerah2 yang sering gimbal.
  • Cukur pendek kucing persia Anda apabila Anda tidak ada waktu untuk melakukan ini setiap hari
  • Mata kucing persia sering berair sehingga perlu sering dilap dan dibersihkan.
  • Hidungnya yang pendek terkadang menyebabkan gangguan pernafasan. Amati kucing Anda setiap hari. Apabila ada masalah, segera bawa ke dokter hewan.
  • Pastikan Anda ada waktu setiap hari untuk berinteraksi dengan kucing Anda karena kucing persia umumnya merupakan kucing yang sangat sosial

Kucing bengal merupakan kucing yang sangat pintar dan aktif. Mereka hewan yang vokal, teritorial dan suka berburu. Namun, mereka juga sangat loyal dan dapat dilatih. Apabila akan memelihara kucing bengal Anda perlu memastikan Anda dapat meluangkan waktu yang cukup untuk mereka karena mereka sangat suka afeksi dan disayang. Pastikan Anda memiliki area yang cukup luas untuk mereka bermain. Kucing bengal umumnya aktif pada malam hari, jadi bersiaplah apabila mereka mengeong dan beraktivitas pada waktu tidurmu. Perhatikan berat badannya karena seperti kucing lain, kucing bengal juga dapat menjadi terlalu gemuk (obesitas).

Alaskan malamute merupakan anjing yang memiliki tingkat energi yang sangat tinggi. Anjing jenis ini disarankan untuk melakukan latihan intensif selama minimal 2 jam setiap harinya. Untuk negara beriklim panas seperti Indonesia mungkin bisa dikondisikan agar aktivitas dilakukan pagi2 atau sore2 ketika udara tidak terlalu panas. 

Halo Dok,

Saya punya anjing beagle umur 3 bulan. Tapi saya pengen pelihara anak kucing persia juga. Apa nanti anjing beaglenya bahayain kucing persia ?

Setiap hewan, baik anjing dan kucing, memiliki karakteristik yang berbeda oleh karena itu sangat susah bagi saya untuk mengetahui ada/tidaknya bahaya tanpa melihat kedua hewan tersebut. Tentu saja introduksi hewan khususnya dengan spesies yang berbeda sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Coba introduksikan mereka dengan pelan-pelan.
Berikut saran yang bisa saya berikan:
Pada awalnya, pisahkan kedua hewan yang akan diperkenalkan di dua ruangan yang berbeda. Hewan memiliki indra pernafasan yang lebih baik daripada manusia jadi walaupun mereka berada pada ruangan yang terpisah, mereka masih dapat mencium bau satu sama lainnya. Ini merupakan metode perkenalan pertama yang aman dengan tanpa adanya resiko interaksi. Setelah beberapa hari, Anda juga dapat meletakkan handuk atau pakaian dengan bau anjing Anda di ruang kucing dan begitu pula sebaliknya. Selain itu, berinteraksilah dengan kedua hewan agar mereka juga merasa nyaman dengan Anda.
Apabila masing-masing individu sudah merasa nyaman dengan Anda dan lingkungannya, ubah posisi mereka, dimana anjing diletakkan di ruang kucing dan kucing diletakkan di ruang anjing secara berkala selama beberapa hari.
Ketika mereka sudah merasa nyaman, kondisikan agar kedua hewan dapat saling bertatap muka tanpa kontak fisik (dibatasi dengan sekat). Ababila sekiranya mereka terlihat akur dan rileks, coba pertemukan mereka.
Beri stimulasi positif (elusan, pakan) apabila anjingmu bersikap tenang selama masa perkenalan ini. Jangan dukung sifat negatif khususnya apabila anjing Anda mem-bully kucing.
Pastikan selalu ada yang mendampingi kedua hewan sampai Anda yakin bahwa mereka sudah benar-benar nyaman satu sama lain. Waktu yang dibutuhkan untuk proses ini berbeda untuk setiap individunya. Semoga berhasil!

Kurang lebih 0.5 – 1 % populasi kucing rentan terkena FLUTD (feline lower urinary tract disease) atau infeksi perkemihan bawah. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan berbagai kondisi seperti infeksi kantung kemih, saluran perkemihan, adanya kristal/batu, obstruksi saluran perkemihan, dan sebagainya. Pada kucing jantan kondisi ini lebih berbahaya karena ukuran urethra yang lebih kecil sehingga adanya infeksi atau sumbatan menyebabkan mereka tidak bisa pipis. Apabila tidak diobati, hewan dapat mati karena tidak bisa pipis.

Menggigit merupakan kebiasaan normal yang dilakukan oleh kucing, khususnya apabila mereka merasa sangat terstimulasi atau resah. Beberapa penyebab umum kucing menggigit antara lain tidak ingin dielus, ingin diletakkan, terlalu bersemangat dalam bermain, dan mencari perhatian.
Walaupun terkadang gigitan ini terkesan terjadi sangat mendadak, sesungguhnya ada beberapa tanda yang ditunjukkan kucing Anda sebelum menggigit, seperti menggoyang dan memukul ekornya ke lantai, mengeong, menggeram, menurunkan telinga ke belakang, dan menggerenyetkan kulitnya. Apabila kucing Anda menunjukkan gejala di atas, sangat penting untuk menghentikan aktivitas yang sedang dilakukan. Sebagai contoh, apabila kucing Anda biasa mulai menggigit setelah dielus selama 5 menit, ada baiknya Anda berhenti mengelus setelah 4 menit ketika kucing Anda masih menikmatinya. Dengan demikian Anda mengakhiri sesi “bonding” dengan kucing Anda ketika aktivitas tersebut masih positif. Selain itu perhatikan tempat-tempat elusan kesukaan kucing Anda. Beberapa kucing suka dielus di kepala dan telinga, sedangkan beberapa suka dielus di bawah lehernya. Jangan sentuh daerah-daerah yang dapat membuat kucing Anda merasa tidak nyaman karena hal ini akan merusak “bonding” antara Anda dan kucing Anda. Walaupun terkesan agresif, namun menggigit dan mencakar merupakan cara kucing mengkomunikasikan keinginan mereka.

Opini tentang pemberian pakan basah dan kering cukup variatif. Pakan basah baik diberikan karena kandungan airnya cukup tinggi sehingga walaupun tidak sering minum, kucing tetap terhidrasi dengan baik. Keuntungan dari pakan kering adalah salah satunya baik untuk membersihkan gigi pada saat dikunyah.
Saran saya, apabila memungkinkan, berikanlah pakan basah dan pakan kering secara terpisah, misalnya pagi makan basah dan malam makan kering.  Perhatikan berat badan kucingmu secara berkala untuk mencegah obesitas.

Beberapa cara anjing dan kucing tertular cacing:
1. Memakan pinjal yang mengandung larva cacing
2. Menangkap hewan lain seperti tikus, kodok, siput
3. Secara tidak sengaja memakan telur atau larva cacing dari lingkungan (biasa kontak dengan feses)

Halo dok, 

saya punya beberapa pertanyaan.

  1. Bagaimana gejala kecacingan pada anjing dan kucing ?
  2. Bagaimana mengetahui anjing dan kucing cacingan ?
  3. Bagaimana mencegah anjing dan kucing terinfeksi cacing ?

 

  1. Gejala kecacingan pada kucing dan anjing bergantung pada jenis cacing dan jumlah cacing yang menginfeksi individu tersebut. Beberapa hewan tidak menunjukkan gejala sama sekali, sedangkan hewan yang terinfestasi parah bisa menunjukkan gejala seperti batuk, muntah, diare (terkadang mengandung darah), lemas, ascites, penurunan nafsu makan, kehilangan berat badan, gatal-gatal, “scooting”, warna rambut yang kusam, dan keluarnya cacing dalam feses.
  2. Berilah kucing dan anjing Anda obat cacing spektrum luas khusus hewan secara rutin setiap 3-6 bulan sekali. Apabila kucing dan anjing Anda sering keluar rumah, berikan setiap 3-4 bulan sedangkan jika hewan anda selalu berada di dalam rumah, berikan setiap 5-6 bulan.

Dok, Minta saran dong buat doggy ane ini obat yg paling ampuh buat basmi kutu di anjing ane sama buat bersihin lingkungan rumah ane dari kutu pake apa ya, ane udah pake frontline, sampo kutu semuanya ga mempan gan kutunya balik terus..kasian liat doggy ane kutuan sekarang udah dibotakin dan kerjaannya cuma makan,garuk2, sama lemes2 doang..

Caplak pada anjing memang masalah yang sangat sulit dipecahkan karena: 1. Dalam siklus hidupnya, caplak tidak selalu berada pada tubuh anjing, dan 2. kemampuannya bertahan di lingkungan untuk waktu yang sangat panjang.
Siklus hidup caplak terdiri atas telur - larva - nimfa - dewasa. Caplak membutuhkan darah inang (anjing) pada setiap pergantian siklusnya, namun perubahan siklus terjadi di luar tubuh inang (tanah, karpet, lantai, tembok, perabotan, dsb). Larva caplak dapat bertahan selama beberapa bulan tanpa menghisap darah sedangkan caplak dewasa dapat bertahan hingga 1.5 tahun tanpa menghisap darah.
Oleh karena itu Anda dapat lihat bahwa memang untuk membasmi caplak di rumah yang sudah terkontaminasi tidaklah mudah karena selain berada pada tubuh hewan, caplak juga berada di lingkungan. Produk2 anti caplak (Frontline, shampoo, dll) hanya membunuh caplak yang berada di tubuh anjing saja namun apabila di lingkungan masih banyak caplak, mereka akan terus naik ke tubuh anjing Anda. 
Berikut saran yang saya bisa berikan:
1. Apabila dengan menggunakan Frontline Anda bisa melihat banyak caplak yang mati, teteskan Frontline pada tubuh anjing Anda setiap 3-4 minggu sekali selama 6-12 bulan. Apabila Frontline sudah tidak mempan, Anda dapat menggunakan produk bernama "Bravecto" dengan kandungan Fluralaner. Produk ini sangat baik untuk caplak dengan pemberian oral setiap 3 bulan. Berikanlah dengan teratur dalam kurun waktu 1 tahun. Saya memiliki pengalaman yang sangat baik dengan produk ini. 
2. Bersihkan lingkungan rumah Anda dengan vakum cleaner untuk menyedot telur, larva, nimfa, dan caplak dewasa di lingkungan
3. Beberapa produk antiparasit semprot tersedia di klinik hewan dan petshop dapat digunakan untuk menyemprot perabotan, lantai, tembok. Hati2 produk ini umumnya berbahaya untuk anjing Anda apabila tidak sengaja terjilat
Ketelatenan sangat penting. Semoga beruntung.

 

Secara teori kucing yang berusia lebih dari 2 bulan tidak perlu diberi susu kucing karena sebagian besar kucing yang telah disapih akan berhenti memproduksi enzim yang diperlukan untuk memecah susu. Tanpa adanya enzim tersebut, pemberian susu dapat menyebabkan muntah dan diare.

Dok, 

Mau tanya saya punya kucing yg sdh dewasa..sudah pernah melahirkan banyak anak kucing..sekarang kucing saya spertinya ada tanda2 birahi..tapi kenapa pas di organ vital nya kaya keluar gitu..membesar pula, apa itu termsuk tanda birahi ?

mohon pnjelasannya

Beberapa tanda seekor kucing betina sedang birahi: menjadi sangat vocal (mengeong dan melolong), meminta perhatian berlebih (mengusapkan badannya ke kaki atau tangan lebih dari biasanya), mengangkat bagian belakang tubuhnya dan menjejakkan kaki belakangnya ke lantai, menggerakkan ekornya ke samping ketika punggungnya dielus, berusaha kabur dari rumah (untuk kucing indoor), menjilat daerah kemaluannya. Terkadang daerah kemaluan sedikit bengkak dan mengeluarkan sedikit discharge. Selama pembengkakan ini masih dalam Batasan wajar dan cairan yang keluar tidak berbau dan berwarna abnormal, kemungkinan ini masih dalam gejala birahi. Namun apabila gejala ini terus timbul segera periksakan kucing Anda ke dokter hewan untuk mengesampingkan kemungkinan infeksi saluran perkemihan.

Halo dok,

kucing saya saat pagi sehat saja, tapi saat pulang (sore) wajahnya lesu, saat saya gendong dia kesakitan, wajah sebelah kanan membengkak sampai mulutnya keluar liur terus, mulutnya bau dan tidak mau menutup. Saya sentuh sedikit saja dia meraung raung. Dia seperti mau makan tapi karena mulutnya sakit dia jadi tidak nafsu. Sudah 2 hari belum makan minum. Dia kenapa ya dok ?

 

Wah sebaiknya Anda membawa kucing Anda ke dokter hewan SEGERA untuk dilakukan pemeriksaan yang lengkap. Penyebabnya bisa bervariasi mulai dari luka, abses, trauma, dan sebagainya. Kucing tidak boleh puasa makan dan minum selama lebih dari 24 jam. 

Untuk kucing dewasa, vaksin yang wajib meliputi vaksin terhadap calicivirus, rhinotracheitis virus, panleukopenia virus, dan rabies. Beberapa jenis vaksin memiliki tambahan yaitu chlamidia.
Untuk anjing dewasa, vaksin yang wajib (core vaccine) meliputi vaksin terhadap parvovirus, adenovirus (hepatitis), distemper virus, dan rabies virus. Beberapa jenis vaksin memiliki tambahan seperti vaksin terhadap coronavirus, Bordotella bronchiseptica, parainfluenza virus, dan leptospira.
Diskusikan dengan dokter hewan Anda jenis vaksin dan interval pemberian yang terbaik untuk hewan Anda.

Pil KB atau suntik KB untuk hewan tidak disarankan karena dapat menyebabkan pyometra (infeksi rahim), kanker ganas pada payudara dan diabetes. Apabila Anda tidak berniat mengembangbiakkan hewan Anda, sebaiknya hewan anda disterilisasi -- selain mencegah overpopulasi, sterilisasi juga mencegah terjadinya penyakit di kemudian hari seperti kanker pada saluran reproduksi, pyometra, tumor, gangguan kehamilan, kanker payudara, dsb. Apabila Anda belum berniat mengembangbiakkan hewan ada, pisahkan hewan Anda saat birahi dari hewan jantan.

Dokter  kenapa ya kucing saya lemas mual dan ketika diberi makan atau minum mual mual terus. Kondisinya lemah dan sering tidur dok  ?

Mohon bantuannya.

Berapa usia kucing Anda? Apakah kucing Anda sudah divksin? Sebaiknya kucing Anda dibawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan yang lebih lengkap. Apabila kucing Anda terus mual dan muntah dan tidak dapat diberi obat oral, besar kemungkinan kucing Anda akan perlu diinfus.
Beberapa penyakit yang paling umum menyebabkan kucing mual dan muntah antara lain salah makan/keracunan pakan, penyakit virus (panleukopenia, umumnya pada kucing muda), penyakit ginjal (umumnya pada kucing tua), kecacingan, gastritis, dan sebagainya. Diagnosa yang tepat perlu dilakukan agar dapat memberi pengobatan yang tepat.

Dok,

Apakah cacing pada anjing dan kucing bisa menular ke manusia (zoonosis) ?

Ya, ada cacing pada hewan anjing dan kucing yang dapat menular ke manusia. Oleh karena itu, berikan hewan Anda obat cacing spektrum luas khusus hewan secara rutin setiap 3-6 bulan.

Hal yang paling penting dalam pemberian pakan adalah terpenuhinya kebutuhan nutrisi kucingmu. Setiap merk makanan kucing memiliki kandungan yang berbeda. Beberapa jenis pakan bahkan diformulasikan untuk hewan berkebutuhan khusus. Apabila Anda ingin mengganti pakan, lakukan secara bertahap agar tidak menyebabkan gangguan pencernaan. Pastikan Anda selalu membaca label pemberian pakan harian pada kemasan pakan hewan agar pemberian pakan tidak berlebih/kurang. 

Tanya Ahli dengan drh. Lynn